5 Cara Sederhana Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Mengganggu

Jumat, 8 Mei 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Sederhana Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Mengganggu Ilustrasi nyamuk. ©2015 Boldsky.com

Merdeka.com - Salah satu musuh yang biasa kita hadapi bersama sehari-hari nyamuk. Bukan hanya gigitannya yang mengganggu, suara dengung dari nyamuk ini juga bisa sangat menyebalkan.

Temperatur yang memanas serta kondisi yang lembap seperti sekarang menjadi penyebab munculnya banyak nyamuk. Walau sebagian besar nyamuk hanya mengganggu, namun beberapa juga bisa berbahaya seperti nyamuk malaria atau demam berdarah.

Salah satu sasaran nyamuk adalah darah yang dimiliki manusia. Karbon dioksida yang kamu keluarkan menarik perhatian nyamuk dan lebih rentan dekat pada seseorang dengan panas tubuh yang banyak.

Bekas gigitan nyamuk ini menyebabkan rasa gatal dan benjolan pada kulit. Menghilangkan bekas gatal dan benjolan ini bisa membantu kita mengatasi masalah menyebalkan ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara sederhana menghilangkan gigitan nyamuk yang mengganggu.

1 dari 5 halaman

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya berguna untuk melembapkan kulit namun juga menghilangkan rasa mengganggu dari gigitan nyamuk. Lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan yang bisa menyembuhkan bekas gigitan nyamuk.

2 dari 5 halaman

Basil

Daun basil memiliki kandungan yang bisa meringankan gigitan nyamuk. Kamu bisa merebus daun basil dan merebusnya selama beberapa menit. Selanjutny, dinginkan dengan air dan oleskan cairan ini ke bagian bekas gigitan nyamuk menggunakan kapas.

3 dari 5 halaman

Madu

Madu memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan yang bisa bermanfaat bagi kulit. Mengoles madu ke bagian kulit yang digigit nyamuk bisa membantu menghilangkan peradangan dengan seketika.

4 dari 5 halaman

Es Batu

Efek mendinginkan dari es batu bisa membuat mati rasa serta menghilangkan iritasi dan peradangan. Bungkus es batu di kain sebelum menempelkannya pada area yang digigt nyamuk. Walau begitu, hindari melakukannya terlalu lama untuk mencegah masalah kulit.

5 dari 5 halaman

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan makanan lezat yang bisa membantu mengatasi gigitan nyamuk. Ambil sepotong bawang bombay dan tempelkan pada kulit. Setelah beberapa menit, bersihkan bagian itu dengan menggunakan air.

Sejumlah bahan sederhana tersebut bisa sangat bermanfaat dalam menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Selamat mencoba! [RWP]

Baca juga:
Dokter Anak Sarankan Anak Mulai Diajari Berpuasa ketika di Atas 7 Tahun
Cegah Jumlah Diabetes Semakin Meningkat, Ini Gaya Hidup yang Harus Diterapkan
Cegukan saat Puasa? Begini Cara Mudah Mengatasinya dalam Sekejap
Deretan Makanan yang Harus Dikonsumsi ketika Kamu Beser

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nyamuk
  3. Fakta Kesehatan
  4. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini