4 Kondisi Rambut yang Bisa Jadi Petunjuk Masalah Kesehatan dalam Tubuhmu

Minggu, 25 September 2022 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Kondisi Rambut yang Bisa Jadi Petunjuk Masalah Kesehatan dalam Tubuhmu Ilustrasi rambut beruban. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Lars Zahner

Merdeka.com - Terdapat berbagai tanda yang bisa ditunjukkan oleh tubuh seseorang ketika mengalami masalah kesehatan. Salah satu tanda masalah kesehatan ini bisa muncul pada rambutmu.

Sejumlah kondisi tak normal yang terjadi pada rambut seseorang bisa menjadi penanda adanya masalah kesehatan. Namun kadang hal ini juga dapat terjadi karena perubahan yang ada di lingkungan sekitar.

Dilansir dari The Health Site, berdasar sebuah penelitian di National Institutes of Health dan University of Alabama, Birmingham mengungkap bahwa rambut beruban mungkin berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Perubahan warna rambut ini disebabkan oleh gen dalam tubuh.

Kondisi kesehatan rambut sangat tergantung dengan berbagai hal termasuk nutrisi dan pola makan yang kamu miliki. Ketika ada yang tidak beres di dalam tubuh, rambut bisa menandakan sejumlah tanda yang tak boleh kamu kesampingkan.

Sejumlah masalah kesehatan yang kamu alami bisa memunculkan berbagai tanda termasuk pada rambut. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kondisi dalam rambut yang bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan.

2 dari 5 halaman

Rambut Beruban

rev3

Munculnya uban merupakan suatu hal yang alami seiring bertambahnya usia. Namun jika hal ini terjadi ketika kamu masih muda, maka bisa jadi adanya sebuah masalah kesehatan pada dirimu.

Rambut beruban ini bisa terjadi karena kamu terlalu stres sehingga terjadi kerusakan DNA dan menurunkan pasokan sel yang memproduksi pigmen pada folikel rambut.

Sebuah penelitian yang dilakukan European Society of Cardiology mengungkap bahwa uban juga bisa menjadi tanda meningkatnya risiko penyakit jantung pada pria. Disebut bahwa munculnya uban memiliki mekanisme yang sama dengan stres oksidatif, peradangan, perubahan hormon, serta ketidakmampuan membetulkan DNA yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3 dari 5 halaman

Rambut Rapuh

rev3

Ketika kelenjar adrenal dalam tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol, kamu bisa mengalami sindrom cushing. Penyakit ini ditandai salah satunya dengan rapuhnya rambut.

Sindrom cushing ini memiliki gejala yang sama dengan hipertensi, kelelahan kronis, serta sakit punggung. Ketika rambut menjadi rapuh, bisa jadi kamu sedang mengidap penyakit ini.

Ada kemungkinan sejumlah masalah kesehatan tersebut kamu alami ketika mengalami rambut rapuh. Walau begitu butuh tes lebih lanjut untuk mengetahuinya.

4 dari 5 halaman

Rambut Rontok

rev3

Rambut rontok bisa jadi tanda adanya masalah tiroid atau hipotiroid yang kamu alami. Hal ini terjadi karena kelenjar tiroid tidak memproduksi cukup hormon tiroid.

Selain rontok, kondisi yang dialami termasuk rambut kusam dan lepek. Pada penyakit ini, sistem imun tubuh bisa menyerang folikel rambut sehingga menimbulkan kerontokan dan kebotakan.

Penyakit lain yang bisa menyebabkan rambut rontok adalah anemia, perubahan hormon, serta stres. Ketika stres, kerontokan rambut yang terjadi ini bersifat sementara dan bakal tumbuh kembali seiring waktu.

5 dari 5 halaman

Kebotakan

4 kondisi rambut yang bisa jadi petunjuk masalah kesehatan dalam tubuhmu

Sebuah penelitian dari University of Granada mengungkap bahwa terdapat hubungan antara kesehatan gigi dengan rambut rontok yang berujung kebotakan. Kondisi ini bisa dialami baik oleh pria dan wanita. Rambut rontok yang terjadi bisa berbentuk bulat dan muncul baik di rambut atau jenggot.

Penelitian lain yang dilakukan mengungkap bahwa kebotakan pada pria ini berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung sebelum usia 40 tahun. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh kondisi munculnya uban pada rambut.

Sejumlah kondisi tersebut bisa diketahui dari keadaan rambut yang kamu miliki. Ketika sejumlah masalah rambut tersebut kamu alami, selain periksa ke dokter kulit, periksa diri juga ke spesialis kesehatan lain. [RWP]

Baca juga:
Manfaat Minyak Rambut yang Menarik Diketahui, Bantu Atasi Ujung Bercabang
Jaga Kondisi Rambut saat Berolahraga, 3 Gaya Ini Bisa Kamu Terapkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini