3 Jenis penyakit yang paling sering diderita pengangguran

Rabu, 17 September 2014 16:26 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
3 Jenis penyakit yang paling sering diderita pengangguran Ilustrasi stres. Shutterstock/luxorphoto

Merdeka.com - Status pengangguran memang bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik seseorang. Tekanan dari berbagai pihak yang menuntut mereka untuk segera bekerja dan mempunyai kehidupan yang mandiri dapat semakin mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan.

The Gallup Research Center yang berbasis di Amerika Serikat menemukan tiga jenis penyakit utama yang biasanya menyerang mereka yang pengangguran.

Penyakit pertama adalah obesitas. "Obesitas bukan lagi dianggap sebagai kelebihan berat badan yang biasa. Sebab obesitas sendiri mampu memunculkan berbagai macam gangguan penyakit," tulis penelitian ini. "Kurangnya aktivitas fisik yang berarti serta munculnya kebiasaan menjadi emotional eater dapat menggiring seorang pengangguran memiliki kenaikan berat badan tak terkendali."

Sedangkan penyakit kedua adalah hipertensi. Penyakit tekanan darah tinggi ini bisa menyerang mereka yang pengangguran sebab pikiran yang tidak rileks dan penuh tekanan mampu mengganggu peredaran darah dan membuatnya memiliki penyakit hipertensi.

Dan terakhir seperti dilansir dari geniusbeauty.com, mereka yang pengangguran bisa terkena penyakit jantung. "Gangguan pada jantung bisa muncul dari akumulasi hipertensi, obesitas, serta stres."

Masih dari penelitian yang sama, selain dari tekanan yang ada, penyakit tersebut muncul karena para pencari kerja memiliki pemikiran insecure, takut ditolak saat wawancara, serta takut gagal. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini