2 Makanan yang Perlu Dibatasi Konsumsinya saat Pandemi COVID-19

Senin, 7 Maret 2022 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
2 Makanan yang Perlu Dibatasi Konsumsinya saat Pandemi COVID-19 Ilustrasi gorengan. ©Wikimedia Commons/Sakurai Midori

Merdeka.com - Pada saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, terdapat sejumlah hal yang penting dilakukan. Hal ini terutama dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) termasuk menggunakan masker dan memperoleh vaksinasi booster.

Selain menerapkan prokes dengan ketat, penting juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Hal yang paling penting untuk memperoleh dua hal ini adalah mengonsumsi makanan yang tepat.

"Kita tetap harus ingat untuk makan dengan gizi seimbang yang beragam. Kementerian Kesehatan sudah merekomendasikan Isi Piringku," kata Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi, Profesor Iris Rengganis.

Dalam konsep Isi Piringku menu makan yang ada di piring terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran, serta buah.

"Karbohidrat kalau mau dikurangi boleh tapi harus tetap ada, tidak boleh dihilangkan," kata Iris dalam diskusi bersama BNPB beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Iris juga menyarankan untuk membatasi konsumsi gula dan gorengan. Walau makanan tersebut lezat di lidah tapi tidak baik bila dikonsumsi berlebihan.

"Banyak yang suka makan gula, banyak yang suka makan nasi karena mengandung gula. Nah, gula ini akan menyuburkan pertumbuhan virus. Selain itu bisa menurunkan sistem imun tubuh kita," kata Iris.

"Jadi, selama masa pandemi COVID-19 kita harus meningkatkan sistem imun tubuh, caranya dengan makanan dengan gizi seimbang," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Batasi Konsumsi Gorengan

Terkait konsumsi gorengan, sebenarnya hal ini boleh-boleh saja namun penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah terbatas. Perlu diingat bahwa minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa membuat timbunan lemak di tubuh. Saat lemak menumpuk bisa membahayakan aliran darah.

Melihat tabel gizi seimbang, minyak berada di puncak. Ini artinya kebutuhan minyak kita hanya sedikit seperti disampaikan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Asih Setiarni.

"Dalam sehari kita hanya boleh mengonsumsi kurang dari lima sendok makan minyak goreng. Sehingga kalau pun mau makan gorengan, satu atau dua sudah cukup," kata Asih dalam suatu diskusi bebarapa waktu lalu.

Olahraga secara teratur selama pandemi juga diungkap penting dilakukan selama pandemi. Jumlah olahraga yang direkomendasikan adalah 150 menit per minggu. Melakukannya secara rutin bisa membantu metabolisme tubuh bekerja secara lebih baik.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Cara Kendalikan Komorbid untuk Cegah Kondisi Parah saat Terinfeksi COVID-19
Kapankah Anak Perlu Dites PCR ketika Tengah Batuk Pilek?
Waspadai Risiko Demam Berdarah pada Musim Hujan Pancaroba

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini