Merdeka.com tersedia di Google Play


Silsilah Sunan Muria, putra Sunan Kalijaga atau Sunan Ngudung?
Reporter : Parwito | Sabtu, 4 Juli 2015 10:00




Silsilah Sunan Muria, putra Sunan Kalijaga atau Sunan Ngudung?
Makam sunan Muria. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sampai saat ini silsilah Sunan Muria menjadi kontroversi dan pertanyaan besar bagi para pengikutnya di masyarakat di Desa Colo, Kecamatan Kudus, Jawa Tengah.

Banyak yang mempertanyakan ayahanda Sunan Muria. Sebagian menyebut sebagai keturunan Sunan Kalijaga, yang lainnya berpendapat beliau adalah putera Sunan Ngudung.

Bersumber dari buku Sunan Muria antara Fakta dan Legenda karya Umar Hasyim terbitan Menara Kudus 1985, versi pertama menyebutkan Sunan Muria merupakan putera dari Sunan Kalijaga. Buku tersebut mengungkapkan bahwa di dalam pernikahannya dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishaq, Sunan Kalijaga memperoleh tiga orang putera, yaitu Raden Umar Said alias Sunan Muria, Dewi Rukayah dan Dewi Sofiyah.

Bila silsilah tersebut benar, maka Sunan Muria adalah cucu Maulana Ishaq sekaligus kemenakan dari Sunan Giri.

Versi kedua menyatakan Sunan Muria adalah putera Sunan Ngudung seperti yang disebut dalam buku Pustoko Darah Agung susunan R Darmowasito. Dijelaskan Sunan Muria adalah putera Raden Usman Haji alias Sunan Ngudung. Dalam buku disebutkan bahwa Sunan Ngudung dalam pernikahannya dengan Dewi Sarifah mempunyai putera yaitu, Raden Umar Said, Sunan Giri II, Raden Amir Haji alias Sunan Kudus dan Sunan Giri II.

"Pernah di seminarkan di Pekalongan dari yayasan kami bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang, yang dulu adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Semarang belum juga ditemukan bukti-bukti dan data yang kuat. Tidak ada referensi atau catatan yang otentik. Tapi masih terus berusaha. Sampai sekarang pengurus di dalamnya sedang adakan penelitian untuk buat sejarah sunan Muria," papar Mastur, keturunan ke 15 Sunan Muria di komplek Makam Sunan Muria Desa Colo, Kecamatan Kudus, Jawa Tengah, Jumat (3/7).

Saat seminar itu, Mastur mengungkapkan banyak yang berkeyakinan bahwa Sunan Muria adalah anak dari Sunan Ngudung bukan anak dari Sunan Kalijaga.

"Yang paling kuat, karena teman-teman adakan penelitian terakhir paling kuat Bin Sunan Ngudung alias Usman Haji di Mondoliko Jepara Habib Luthfi mengatakan Bin Sunan Ngudung. Beliau (Habib Luthfi)secara ilmiah dan geografis mengaku mempunyai bukti," tambahnya.

Namun hingga masih menjadi kontroversi mengenai silsilah Sunan Muria yang sampai saat ini belum terpecahkan.

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE