Zulkifli Hasan: PAN yang tentukan kemenangan Khofifah dan Emil

Rabu, 7 Februari 2018 20:45 Reporter : Moch. Andriansyah
zulkifli hasan bersama emil dardak. ©2018 Merdeka.com/moch andriansyah

Merdeka.com - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menyebut partainya akan menjadi kunci kemenangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang.

"Ibu Khofifah kemarin datang ke Kediri. Tapi hari ini, katanya ada agenda dengan Pak SBY (Ketum DPP Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono)," kata Zulkifli di hadapan ribuan kadernya saat road show terakhir acara 'Deklarasi Tekad Kemenangan se Jawa Timur' yang digelar JX Internasional, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (7/2) petang.

Deklarasi digelar sejak 5 Febuari lalu, dimulai dari Malang, Lumajang, Kediri, Madiun, Bojonegoro dan terakhir di Surabaya.

Bang Zul sapaan akrabnya mengatakan, saat bertemu dengan Khofifah di Kediri, Selasa (6/2) siang kemarin, mantan Menteri Sosial itu sudah meminta izin tidak bisa hadir di Surabaya, karena ada pertemuan dengan Ketum DPP Partai Demokrat, SBY di Jakarta.

"Sudah bilang kemarin. Saya bilang usahakan besok ibu ke Surabaya datang, mungkin enggak bisa digeser acara di sana (Jakarta), oleh karena itu yang datang Emil Dardak," terang Zulkifli saat melihat kedatang Emil sembari meminta ribuan kadernya untuk menyambut dengan tepuk tangan.

"Saudara-saudara, kita meyakini KhofifahEmil Dardak terbaik untuk Jawa Timur. Oleh karena itu Partai Amanta Nasional akan sangat menentukan posisi pemilihan gubernur di Jawa Timur," katanya lagi.

Alasan Zulkifli, karena persaingan dua kandidat Pilgub Jawa Timur, sangat tipis. Dua-duanya sama-sama kader Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki basis massa cukup banyak. Mereka adalah Khofifah-Emil dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

"Jaraknya kecil antara dua kandidat, kira-kira 3 persen, 5 persen. Bisa kalah, bisa menang, swing voters, kita bisa kalah, Khofifah bisa juga menang, 3 persen- 5 persen."

"Oleh karena itu yang menentukan kemenangan itu adalah Partai Amanat Nasional. PAN punya 10 sampai 15 persen di Jawa Timur. Itulah yang akan menentukan kemenangan, karena dua-duanya Nahdlatul Ulama," tandasnya.

Kenapa PAN yang akan menentukan kemenangan Khofifah-Emil? Menuurt Zulkifli, Gus Ipul-Puti yang diusung PKB (20 kursi), PDIP (19), PKS (6), dan Gerindra (13), akan lebih banyak menyasar suara nasionalis. Sementara basis suara NU, akan terbelah menjadi dua.

"PDIP nasionalis, kita yang (akan mengambil suara) modernis. Kemana PAN terarah, itulah yang menentukan, yang bisa membuat selisih menjadi lebih kurang 10 persen. Nanti, omongan Ketua Umum PAN bisa dilihat. Keunggulan itu kira-kira 7 sampai 8 persen. Dari mana itu, PAN yang akan menentukan kemenangan Khofifah dan Emil," tegas ketua MPR RI ini. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini