Target 3 Besar di Pemilu 2024, AHY Akui Demokrat Mengalami Pasang Surut

Jumat, 5 Agustus 2022 16:28 Reporter : Lydia Fransisca
Target 3 Besar di Pemilu 2024, AHY Akui Demokrat Mengalami Pasang Surut AHY Daftarkan Demokrat Peserta Pemilu 2024. Winda Nelfira/Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap masa kejayaan Partai Demokrat ketika memenangkan Pemilu 2009 saat mengusung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai presiden kembali terulang. AHY mengaku masa kejayaan Partai Demokrat setelah dua kali menjabat Presiden mengalami pasang surut.

"Namun tentu layaknya roda berputar kehidupan dengan suka dukanya, Demokrat juga mengalami pasang surut 2014 dan 2019. Kami tentu hanya bisa berjuang sekuat tenaga untuk kembali bangkit," kata AHY setelah menyerahkan berkas pendaftaran calon peserta Pemilu 2024, Jumat (5/8).

Untuk itu, AHY menargetkan Partai Demokrat masuk tiga besar di Pemilu 2024. Selain berada masuk ke dalam tiga besar, AHY juga berusaha untuk mengisi semua daerah pemilihan DPR.

AHY menuturkan saat ini terdapat 54 orang di Dapil I dari Partai Demokrat di DPR. AHY ingin jauh lebih banyak lagi agar peran Partai Demokrat di parlemen lebih kuat.

"Untuk DPR RI, kita tahu ada 80 daerah pemilihan (dapil) I hari ini kecuali nanti sudah diputuskan pemekaran di Papua untuk ikut juga dalam Pemilu 2024. Namun, kami ingin mengisi semua dapil," kata AHY.

2 dari 2 halaman

Demokrat jadi Peserta Pemilu 2024

AHY memastikan Partai Demokrat telah siap menjadi peserta calon Pemilu 2024. Pendaftaran tersebut langsung dilakukan AHY.

"Kami menyatakan bahwa Partai Demokrat siap untuk menjadi peserta Pemilu 2024. Mohon doa restu dari masyarakat Indonesia di mana pun berada," kata AHY.

Selain AHY, pendaftaran Partai Demokrat dihadiri Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Wakil Sekretaris Jenderal Agust Jovan Latuconsina, dan Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Sigit Raditya.

Hadir pula Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Andi Timo Pangerang, Kepala Badan Komunikasi Strategis Herzaky Mahendra Putra dan 34 Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Demokrat lainnya.

AHY bersama rombongan mengisi daftar hadir pada pukul 14.10 dengan beratribut jas Partai Demokrat dan kemeja biru. "Kami menyampaikan secara formal dan juga sebagai keberlanjutan dari apa yang telah kami submit secara online melalui Sipol. Tadi diserahkan surat pendaftaran di mana disertai dengan surat pernyataan partai politik lalu kepengurusan baik di tingkat pusat dewan pimpinan pusat kemudian 34 dewan pimpinan daerah ditingkat provinsi, 514 kepengurusan DPC Dewan pimpinan cabang di tingkat kabupaten kota, dan 7266 kepengurusan di tingkat kecamatan," kata AHY.

Demokrat juga berikhtiar untuk menjaga suasana demokrasi dan pemilu yang demokratis, bermartabat, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

"InsyaAllah secara umum 100 persen bisa kami lengkapi, namun tentu setelah ini ada proses verifikasi gabungan yang dilakukan oleh tim verifikasi parpol diketuai oleh ibu Andi Timo Pangerang dari partai Demokrat bersama dengan tim verifikasi KPU," kata AHY.

AHY menyerahkan dokumen persyaratan kepada ketua KPU Hasyim Asy'ari beserta jajaran komisioner KPU Republik Indonesia. Dalam kesempatan ini, AHY juga ditemani adiknya yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) Demokrat Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

"Tadi kami menyampaikan secara formal dan juga sebagai keberlanjutan dari apa yang telah kami submit secara online melalui Sipol," ujar AHY.

AHY menjelaskan bahwa pada proses pendaftaran ini juga diserahkan surat pendaftaran disertai dengan surat pernyataan partai politik kepengurusan baik di tingkat pusat hingga tingkat kecamatan.

"34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ditingkat provinsi, 514 kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di tingkat kabupaten kota, dan 7.266 kepengurusan di tingkat kecamatan," jelas AHY.

AHY mengatakan dengan diserahkannya dokumen pendaftaran peserta Pemilu ke KPU, Demokrat siap untuk menjadi peserta Pemilu 2024 bersama partai-partai lainnya.

"Kami menyatakan bahwa Partai Demokrat siap untuk menjadi peserta pemilu 2024," tandasnya.

Reporter: Winda Nelfira [gil]

Baca juga:
Fokus Bangun Koalisi, AHY Akui Demokrat Belum Punya Capres
AHY Ingin Bangun Koalisi yang Bisa Hadirkan Solusi untuk Masyarakat
AHY Daftar Partai Demokrat Jadi Peserta Pemilu 2024
Momen AHY Hadiri Pernikahan Anak Eks Ajudan Pribadi SBY, Annisa Bikin Salfok
Ketika AHY, Surya Paloh dan Sohibul Iman Bahas Koalisi di Pernikahan Anak Anies
Asnah Cs Mundur, Pengurus DPD Demokrat Kepri Pilih Bertahan: Kami Bukan Kutu Loncat
AHY Ungkap Tiga Masalah Picu Prahara di Setiap Pemilu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini