Tak Lapor Dana Kampanye, 4 Partai Tak Bisa Ikut Pemilu di 10 Daerah Jateng

Senin, 25 Maret 2019 16:41 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Tak Lapor Dana Kampanye, 4 Partai Tak Bisa Ikut Pemilu di 10 Daerah Jateng Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Empat partai politik (Parpol) gagal mengikuti konstestasi Pemilu 2019 di 10 Kabupaten/Kota Jawa Tengah. Sebabnya, keempat partai itu tidak kunjung melaporkan penggunaan dana kampanye.

Empat partai tersebut diantaranya Partai Garuda, PKPI, Hati Nurani Rakyat dan Partai Bulan Bintang (PBB).

"10 Kabupaten/Kota diantaranya Purbalingga, Banjarnegara, Boyolali, Jepara, Demak, Batang, Pekalongan, Tegal, Solo dan Kota Pekalongan," kata Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jawa Tengah, Muslim Aisha saat diwawancara merdeka.com, Senin (25/3).

Dia mengatakan pembatalan keikutsertaan partai Garuda juga disebabkan tak punya calon legislatif (caleg) tingkat DPRD. Bahkan, tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) sampai batas waktu yang ditetapkan KPU.

"Keempat parpol yang dicoret itu tak bisa ikut pemilu sesuai keputusan KPU RI Nomor 744/PL.01.6-Kpt/KPU/III/2019 tertanggal 21 Maret 2019. At," ujarnya.

Untuk PKPI, lanjutnya, juga tidak bisa ikut Pemilu di 10 kabupaten. Antara lain Banjarnegara, Purworejo, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kota Magelang, Kota Pekalongan dan Kota Tegal.

Kemudian, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dicoret di Kabupaten Sukoharjo dan Partai Bulan Bintang (PBB) dicoret di Kabupaten Pemalang.

"Pencoretan empat parpol tidak mempengaruhi perolehan suaranya. Sebab, perolehan suaranya DPRD Provinsi dan DPR RI, tetap dihitung karena penentuan kursinya ada di provinsi dan pusat," tutupnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini