Soal Peluang Koalisi dengan PDIP, Golkar: KIB adalah Koalisi Terbuka

Kamis, 1 September 2022 08:43 Reporter : Alma Fikhasari
Soal Peluang Koalisi dengan PDIP, Golkar: KIB adalah Koalisi Terbuka Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespons soal peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDIP. Dia menyebut, KIB merupakan koalisi yang terbuka dengan semua partai termasuk PDIP.

"Kalau soal kemungkinan bisa bentuk koalisi baru kan sejak awal kami sudah katakan, bahwa KIB adalah koalisi terbuka, masih dimungkinkan membangun kerja sama atau membentuk koalisi dengan parpol-parpol lain, jadi tidak eksklusif," kata Doli, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

2 dari 2 halaman

Dia mengungkapkan jika Partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam KIB sepakat untuk melakukan persamaan visi dan misi menuju Pemilu 2024. Seiring berjalannya waktu, jika ada partai lain yang juga memiliki kesamaan visi dan misi dengan KIB maka pihaknya akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk bergabung di KIB.

"Ini adalah koalisi yang sekarang kita berjalan bersama nyusun visi bersama, tapi kalau misal ada dalam perjalanan ke depan partai-partai politik yang merasa sama visi dan pandangannya tentang platform membangun Indonesia di masa ke depan, narasi yang sama-sama kita bangun, kita terima dengan tangan terbuka," ujar Doli.

Sebagai informasi, pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (3/9). Pertemuan tersebut dilakukan dengan jalan pagi bersama.

Pertemuan ini merupakan bagian safari politik Puan dan PDIP dengan pimpinan partai politik. [gil]

Baca juga:
Ini yang Bahas saat Airlangga Hartarto Bertemu Puan Maharani
Pertemuan Puan dan Airlangga Diharapkan Sepakati Capres-Cawapres
Ini Isi Pembicaraan Golkar dengan Partai Komunis China
Puan Maharani dan Airlangga Bakal Jalan Pagi pada Sabtu Ini
Golkar: Siapa yang Mampu Jegal Anies?
Menakar Peluang PDIP Gabung KIB Jelang Pertemuan Puan Maharani-Airlangga
Setelah Golkar dan Gerindra, Puan Maharani akan Bertemu PKB dan PPP

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini