Senior Partai Dukung AHY Jadi Ketum Demokrat Gantikan SBY

Kamis, 13 Juni 2019 17:49 Reporter : Ahda Bayhaqi
Senior Partai Dukung AHY Jadi Ketum Demokrat Gantikan SBY Wawancara Khusus AHY. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Politisi senior Partai Demokrat Max Sopacua mengungkap alasan mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum. Menurut Max, AHY merupakan wajah partai Demokrat saat ini.

Dia ditugaskan sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat pada Pemilu 2019. AHY mengemban tugas menggantikan SBY ke daerah-daerah karena ketika itu sang ayah mengurus perawatan ibunda Ani Yudhoyono.

"Bagi kami yang paling depan saat ini adalah AHY. Yang sudah maju, yang punya poling, yang sudah kerja ke daerah-daerah," ujar Max di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Skenario penggantian Ketua Umum itu apabila Kongres Luar Biasa (KLB) pergantian Ketua Umum dilakukan. Max bersama senior Partai Demokrat membentuk gerakan untuk menyelamatkan partai dengan agenda final mendorong KLB.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat itu tidak takut dianggap sebagai partai keluarga. "Kalau melalui KLB maka itu bukan masalah keluarga," ucap Max.

Max menilai, AHY pun berhasil menaikkan ekspektasi partai yang dalam survei elektabilitas rendah. Namun dalam perolehan suara Pemilu 2019, berhasil bertengger di angka 7,77 persen suara alias 54 kursi DPR.

Menurutnya SBY tidak dapat disalahkan terhadap suara Demokrat. Sebab sudah berjuang mengkampanyekan partai ke daerah-daerah. Hanya saja harus rehat karena menemani perawatan sang istri di Singapura.

"Itu dosa kalau kami salahkan pak SBY tidak capable lakukan itu. SBY sudah lakukan mati-matian," kata Max.

Max juga menilai AHY adalah kader paling berpotensial untuk diusung sebagai calon presiden pada 2024. Menurutnya, AHY adalah kader terbaik Demokrat.

"Saat ini AHY berada paling depan, dan beliau satu satunya diusulkan untuk 2024," ucapnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini