Sehari Jelang Munas, Kubu Airlangga Kembali Sindir Janji Bamsoet

Senin, 2 Desember 2019 19:15 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Sehari Jelang Munas, Kubu Airlangga Kembali Sindir Janji Bamsoet Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo. ©2019 Merdeka.com/ Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Sehari menjelang pembukaan Munas Golkar, kubu Airlangga Hartarto kembali mengingatkan janji yang dilanggar oleh Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang telah mendapatkan kursi ketua MPR.

Ketua DPP Golkar Bidang Ekokraf Ricky Rachmadi mengatakan, seharusnya Bamsoet tidak perlu memaksakan maju. Sebab, telah memiliki komitmen atau janji saat menuju Ketua MPR bahwa dirinya tidak akan bersaing memperebutkan Ketua Umum Golkar dengan Airlangga, yang total telah secara penuh mendukungnya menjadi Ketua MPR RI.

"Sebagai kader Golkar Bamsoet tentu punya hak konstitusional yang dijamin oleh AD/ART partai untuk bertarung memperebutkan jabatan ketua umum partai di Munas ini, tapi secara etika dan moral, Bamsoet harusnya menjaga komitmen dan janji itu supaya tidak cacat mengenai janjinya," ujar Ricky kepada wartawan, Senin (2/12).

Meskipun demikian, jelas Ricky, majunya Bamsoet untuk bersaing dengan Airlangga tidak mengganggu peluang serta optimisme kubu Airlangga sendiri. Mengingat besarnya dukungan peserta Munas terhadap Airlangga untuk tetap memimpin partai berlambang beringin ini.

1 dari 3 halaman

Dukungan Kian Banyak

Ricky menambahkan, momentum Airlangga untuk kembali memimpin Golkar sulit terbendung. Hal ini, kata dia, Airlangga dianggap sukses membuat para kader Golkar merasa nyaman. Misalnya, terjadi peningkatan suara partai dan perolehan kursi legislatif Golkar melalui Pemilu lalu.

"Termasuk juga prestasi Golkar dalam merebut kursi Ketua MPR saat ini dan juga keikutsertaan Golkar di Kabinet Jokowi yang ternyata tak dipungkiri bersifat signifikan dalam dua periode pemerintahan ini," jelas Ricky.

2 dari 3 halaman

Komitmen Bamsoet dan Airlangga

27 September lalu, Bamsoet dan Airlangga bertemu. Kedua pertemuan disaksikan oleh Ketum NasDem Surya Paloh. Keduanya sepakat cooling down jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Usai pertemuan, Bamsoet nyatakan mendukung Airlangga jadi ketum. Airlangga mengusung Bamsoet jadi ketua MPR.

Namun Bamsoet memutuskan untuk kembali maju. Sebab, dia mengungkap ada sejumlah komitmen yang dilanggar Airlangga. Salah satunya, mengakomodir pendukung di AKD DPR.

Airlangga membantah, dia mengklarifikasi, sudah menawarkan beberapa loyalis Bamsoet di AKD DPR. Tapi ditolak.

3 dari 3 halaman

Pendaftar Munas Golkar

Selain Airlangga, sampai hari Jumat, 29 November 2019 pukul 19.18 wib, para calon ketua umum yang sudah mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Partai Golkar Periode 2019-2024 adalah:

1. Ahmad Anama
2. Indra Bambang Utoyo
3. Ridwan Hisjam
4. Agun Gunandjar Sudarsa
5. Bambang Soesatyo
6. M. Aris Mandji
7. Derek Loupatty
8. Mohamad Aly Yahya. [rnd]

Baca juga:
Kumpul di Tangerang, Luhut, Ical dan JK Beri Arahan ke Pendukung Airlangga
Airlangga Kembalikan Formulir Pendaftaran Munas Golkar
Daftar Caketum, Bamsoet Ingin Satukan Ormas Pendiri Golkar
Bamsoet Ingin Contoh Akbar Tanjung dan Ical saat Jadi Ketum Golkar
Airlangga Hartarto Daftar Calon Ketua Umum Partai Golkar
Resmi Maju Caketum, Bamsoet Tidak Ingin Tata Kelola Golkar Seperti Perusahaan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini