Rapat Paripurna DPR akan Sahkan Empat Hakim MA Terpilih Hari Ini

Kamis, 30 Juni 2022 09:02 Reporter : Merdeka
Rapat Paripurna DPR akan Sahkan Empat Hakim MA Terpilih Hari Ini Rapat Paripurna DPR. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar Rapat Paripurna hari ini, Kamis 30 Juni 2022. Salah satu agendanya adalah pengesahan terhadap dua calon hakim agung (CHA) dan dua calon hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi atau Tipikor di Mahkamah Agung (MA).

Dua nama CHA adalah Nani Indrawati untuk bidang Kamar Perdata dan Cerah Bangun untuk Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak. Sedangkan, dua Hakim Ad Hoc Tipikor yang disepakati adalah Agustinus Purnomo Hadi dan Arizon Mega Jaya.

Mereka akan disahkan usai Komisi III DPR RI menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, 29 Juni 2022, pukul 19.00 WIB.

2 dari 2 halaman

"Berdasarkan pandangan fraksi yang dibacakan oleh masing-masing kapoksi atau juru bicaranya, maka Komisi III DPR memberikan persetujuan atas nama calon hakim agung dan nama calon hakim ad hoc tipikor pada Mahkamah Agung tahun 2021/2022," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Golkar Adies Kadir saat rapat kemarin.

Tahap selanjutnya hasil persetujuan ini akan dilaporkan pada Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis 30 Juni 2022 untuk diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Alhamdulillah dan keputusan juga sudah diambil, mungkin tidak dapat memuaskan semua pihak. Tetapi inilah hasil keputusan dan hasil pemilihan selama dua hari kita melakukan fit and proper test oleh Komisi III DPR RI," Adies menandasi.

Reporter: M Radityo [ray]

Baca juga:
Ketika Calon Hakim dan Sahroni Berdebat Soal Main Golf jadi Ajang Transaksi Korupsi
Jaksa Telusuri Pihak Lain yang Diduga Terlibat Suap Hakim Itong
Anggap Dakwaan Langgar Kaidah Hukum, Hakim Itong Minta Dikeluarkan dari Tahanan
Didakwa Terima Suap Rp400 Juta, Hakim Itong Dijerat Pasal Berlapis
Deretan Pengacara Ini Kerap Jadi Kuasa Hukum Artis, Hotman Paris hingga Farhat Abbas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini