Purnomo Siap Dipasangkan Dengan Gibran, Syaratnya Jadi Calon Wali Kota

Senin, 4 November 2019 21:26 Reporter : Arie Sunaryo
Purnomo Siap Dipasangkan Dengan Gibran, Syaratnya Jadi Calon Wali Kota Gibran dan Achmad Purnomo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Achmad Purnomo maupun Gibran Rakabuming Raka sama-sama pasrah jika harus dipasangkan di Pilkada Solo 2020. Sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), keduanya akan mengikuti keputusan Dewan Pimpinan Pusat.

Purnomo tak mau berandai-andai. Sebagai petugas partai, dia akan menunggu keputusan DPP dan mengembalikannya ke DPC Kota Solo. Dia tak mempermasalahkan jika harus dipasangkan dengan putra Presiden Joko Widodo itu. Syaratnya, posisinya sebagai calon wali kota dan Gibran sebagai wakil wali kota.

"Sebagai kader partai saya tidak ingin mendahului sebelum ada keputusan dari DPP. Saya tidak mencalonkan tapi dicalonkan sama Pak Teguh Prakosa. Jadi saya kembalikan lagi ke partai. Kalau partai mau memerintahkan terus, ya terus. Sekali lagi saya petugas partai," ujar Purnomo, Senin (4/11).

"Ya nanti kalau partai menugaskan (berpasangan) tidak apa-apa, ya terus. Kalau jangan ya tidak. Ikut keputusan partai nanti," kata Wakil Wali Kota Solo itu.

Namun, jika Purnomo diposisikan sebagai bakal calon wakil wali kota, dia punya pandangan sendiri. Dia akan terlebih dahulu berpikir.

"Kalau partai memerintahkan bagaimana baru saya mikir. Sekali lagi jangan mengandai-andai. Kalau partai meminta saya harus mau, saya mikir," tandasnya.

Senada, Gibran pun mengaku siap jika saja dipasangkan dengan Purnomo. Sebagai kader, suami Selvi Ananda itu akan tunduk kepada keputusan partai.

"Saya akan tunduk kepada keputusan partai. Iya harus siap (jika dipasangkan)," tutupnya.

Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo sama-sama berpeluang maju dalam Pilkada Kota 2020 melalui PDIP. Kedua berebut rekomendasi dari DPP PDIP. Achmad Purnomo ditugaskan DPC PDI-P Kota Solo sebagai bakal calon wali kota bersama Teguh Prakosa. Sedangkan Gibran masih terus berupaya agar bisa maju sebagai calon wali kota melalui DPP dan DPD. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini