PPP Nilai Tak Masalah Gibran Rakabuming Maju Pilwakot Solo

Kamis, 10 Oktober 2019 11:57 Reporter : Sania Mashabi
PPP Nilai Tak Masalah Gibran Rakabuming Maju Pilwakot Solo Gibran Kaesang. ©2018 kapanlagi.com

Merdeka.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menilai tidak masalah jika putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming maju Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Solo 2020. Sebab, kata dia, semua orang berhak untuk maju paju dalam pemilihan kepala daerah.

"Pertama, ada persyaratan UU baik usia, pendidikan, kesehatan, tidak tercela, tidak sedang dicabut hak politik, tidak sedang menjadi napi dan syarat-syarat lainnya. Selama itu terpenuhi maka siapapun boleh maju pilkada," kata Baidowi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/10).

Lanjutnya, politik dinasti juga diperbolehkan. Pasalnya, UU yang mengatur larangan soal politik dinasti sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tentang dinasti politik juga tak ada larangan di UU. Awalnya sempat dilarang namun kemudian dibatalkan MK. Dalam konteks ini tak ada larangan dinasti politik," ungkapnya.

Karena itu, dia menegaskan setiap orang berhak maju sebagai kepala daerah. Selama memenuhi syarat serta memiliki elektabilitas tinggi.

"Karena yang terpenting bagaimana mereka bisa memenangkan kontestasi. Yakni elektabilitasnya tinggi. Kalaupun itu dimaknai dinasti politik, toh tak ada larangan dalam UU dan itu menjadi konsekuensi demokrasi," ucapnya.

Diketahui, pendaftaran bakal calon wali kota Solo sudah ditutup. Nama Gibran Rakabuming tidak masuk. Sudah dua nama diserahkan PDIP Kota Solo kepada pengurus partai pusat. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu bisa berharap lewat jalur independen atau menunggu dapat kesempatan lain.

Dua nama diusung PDIP Kota Solo, yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa. Mereka adalah Wakil Wali Kota dan Sekretaris DPC PDIP Solo. Kedua nama itu diserahkan langsung ketua DPC PDIP sekaligus wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini