PKB Harap Paket Pimpinan MPR Terpilih Aklamasi

Jumat, 16 Agustus 2019 20:25 Reporter : Ahda Bayhaqi
PKB Harap Paket Pimpinan MPR Terpilih Aklamasi Jazilul Fawaid usai diperiksa KPK. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Wasekjen PKB Jazilul Fawaid berharap hanya ada satu paket pimpinan MPR sehingga bakal terpilih secara aklamasi. Menurutnya, partai harus dapat bermusyawarah mufakat supaya tercapai kesepakatan, kendati tidak menutup kemungkinan terbuka paket lain.

"Mudah-mudahan terjadi aklamasi semuanya permusyawaratan, namanya juga majelis permusyawaratan mudah-mudahan pimpinannya juga dimusyawarahkan mufakat," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8).

Dia menilai, karena MPR merupakan lembaga yang bertugas menjaga empat pilar, maka lebih baik bila pimpinannya terpilih tanpa saling rebutan.

"Karena lembaga ini kan lembaga yang berfungsi untuk menjaga pilar, jangan sampe pimpinannya rebut-rebutan, kalau bisa semuanya mufakat, meskipun dalam undang undang dimungkinkan rebutan karena sistemnya paket," jelasnya.

"Tapi kalau bisa duduk bersama sebagai seorang negarawan," imbuh Jazilul.

Hal tersebut pun berkaitan dengan agenda amandemen terbatas UUD 1945. Jazilul menyebut kalau polemik pimpinan MPR tidak dapat diselesaikan secara mufakat, bagaimana mau bicara amandemen.

"Kalau bisa pimpinan itu ditentukan dalam musyawarah mufakat, kalau tidak mau bicara amandemen gimana," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini