Pilkada Solo Rawan Kecurangan, KAMI Soroti Kinerja KPU dan Bawaslu

Jumat, 20 November 2020 00:17 Reporter : Arie Sunaryo
Pilkada Solo Rawan Kecurangan, KAMI Soroti Kinerja KPU dan Bawaslu Ketua Periodik KAMI Solo, Usman Amirodin. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Solo mendeklarasikan Solo Damai Pilwakot Sukses, Kamis (19/11). Dalam deklarasi tersebut, mereka juga meminta penyelenggara Pilkada, baik KPU maupun Bawaslu berlaku jujur, adil, transparan, profesional, mandiri.

"Penyelenggara Pilkada juga harus mampu memberikan perlindungan atas hak-hak para pemilih Pilwalkot Solo dengan bebas tanpa tekanan lahir maupun batin dan politik uang," ujar Ketua Periodik KAMI Solo, Usman Amirodin.

Usman menyebut, titik rawan pelanggaran Pilwalkot terletak di panitia penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu. Kerawanan tersebut berupa ketidakadilan dan kecurangan dalam penghitungan suara.

"Yang perlu dikritisi adalah pelaksana Pilwalot yakni KPU dan Bawaslu," ujarnya.

Dalam deklarasi tersebut, mereka juga meminta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan tentram di tengah masyarakat dalam Pilwalkot Solo.

"KAMI juga menyerukan kepada calon wali kota dan wakil wali kota nomor 1 dan 2 dan pendukungnya untuk menjaga kondusifitas Kota Solo selama dan setelah masa kontestasi apapun hasilnya. Karena itu adalah wujud dari kedaulatan rakyat Kota Solo," tandasnya.

Kepada para pendukung kandidat. KAMI meminta untuk tidak menggunakan cara-cara tidak terpuji untuk memenangkan pilihannya. Yakni dengan mempengaruhi pemilih pada saat hari pemilihan 9 Desember 2020 melalui politik uang. Atau penjagaan pemilih saat menuju bilik pemilihan dengan memakai tanda-tanda tertentu.

"Menyikapi kedua paslon, sikap kami sama. Karena mereka kan saudara kita," ujarnya lagi.

Sekretaris KAMI Solo, Shobbarin Syakur menambahkan pada intinya mereka menjadikan Kota Solo damai dan kondusif menjelang Pilkada. Pihaknya bersedia memberikan bantuan kepada kedua kontestan.

"KAMI akan membantu siapapun calonnya. Juga masyarakat dan stakeholder semuanya untuk menjaga kondusivitas Solo," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini