PDIP Klaim Kuasai 11 Daerah di Pilkada Jatim

Kamis, 10 Desember 2020 08:51 Reporter : Erwin Yohanes
PDIP Klaim Kuasai 11 Daerah di Pilkada Jatim Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di Jawa Timur Telah selesai dilakukan Rabu (9/12) ini. Meski hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum keluar, namun 11 kepala daerah kabupaten/kota di antaranya diklaim telah dikuasai oleh PDIP.

"Data yang dihimpun teman-teman BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI Perjuangan Jatim hingga jam 5 sore tadi, paslon kita unggul di 11 kabupaten/kota. Yang lainnya, hasil suaranya masih dihimpun," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi, di kantor DPD Jatim Jalan Kendangsari Industri, Surabaya, Rabu (9/12).

Dia menambahkan, daerah yang secara tradisional kepemimpinannya dipegang kader PDI Perjuangan, dari hitungan internal maupun quick count lembaga survei, menunjukkan hasil menggembirakan.

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Jatim ini menyebut, pasangan calon yang diusung PDIP yang berhasil unggul di antaranya Kab Kediri, Ngawi, Trenggalek, Banyuwangi, Ponorogo, Kabupaten Malang, Sumenep, Gresik, Situbondo, dan Kota Blitar.

Sementara, di tiga daerah yang sebelumnya dikuasai oleh non PDIP, diantaranya Ponorogo, Gresik dan Situbondo. "Ini termasuk kabupaten/kota baru, yang bakal dipimpin pasangan calon kita. Sebelumnya pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan belum pernah menang di daerah ini,” terang Kusnadi.

"Dan di 11 kabupaten/kota tadi, kita memberangkatkan kader PDI Perjuangan, baik sebagai calon kepala daerah, wakil kepala daerah, atau kedua-duanya seperti Surabaya dan Banyuwangi,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno menambahkan, meski hasil awal PDI Perjuangan masih unggul di 11 kabupaten/kota, pihaknya tetap optimistis mampu memenangkan pilkada di Jatim sesuai target. Yakni menang di 13 kabupaten/kota.

“BSPN Jatim masih meng collect hasil suara dan prosesnya masih berjalan. Kita optimis bisa memenangkan pilkada minimal di 13 kabupaten/kota,” ujar Untari. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini