NasDem: Bagus Anies Naik Jet Pribadi, Bermasalah Kalau Naik Kendaraan Dinas

Selasa, 6 Desember 2022 16:06 Reporter : Ahda Bayhaqi
NasDem: Bagus Anies Naik Jet Pribadi, Bermasalah Kalau Naik Kendaraan Dinas Anies Baswedan di Aceh. ©2022 Merdeka.com/Alfath Asmunda

Merdeka.com - Bakal calon presiden Anies Baswedan menaiki jet pribadi selama melakukan safari politik ke daerah. Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan, bagus Anies naik jet pribadi bukan memanfaatkan kendaraan dinas. Kalau Anies menggunakan kendaraan dinas untuk agenda safari baru boleh dipermasalahkan.

"Bagus berarti jika yang digunakan adalah jet pribadi. Itu artinya, apa yang dimiliki secara pribadi didedikasikan bagi yang lebih umum. Apa yang private digunakan demi kepentingan publik atau kepentingan yang lebih besar. Yang bermasalah adalah kalau seandainya yang dipakai mas Anies adalah kendaraan kedinasan atau milik umum. Itu justru yang bermasalah," katanya kepada wartawan, Selasa (6/12).

Menurutnya yang culas adalah orang yang menggunakan fasilitas umum untuk aktivitas kelompok atau pribadinya sendiri.

"Jadi jangan dibalik-balik cara pandang dan logikanya. Adalah bagus jika seseorang yang diberi keluasan rezeki oleh Tuhan dimanfaatkan demi membangun kebaikan bagi banyak orang. Kan begitu. Sebaliknya, adalah culas seseorang yang menggunakan fasilitas umum demi aktivitas kelompok apalagi pribadinya," ujar wakil ketua Baleg DPR RI ini.

2 dari 2 halaman

Selain itu, penggunaan jet pribadi untuk keliling Indonesia demi efisiensi. Anies sengaja naik jet pribadi agar aktivitas safari politik bisa optimal.

"Pertama, kita bisa efisiensi waktu. Bayangkan kalau yang dipakai adalah pesawat komersil, sementara jadwal beliau begitu padat dalam satu termin waktu tertentu. Dengan efisiensi ini beliau dan tim juga bisa menjaga stamina agar aktivitas safari ini bisa berjalan dengan optimal," paparnya.

Pesawat komersial dinilai tidak efisien karena butuh mobilitas yang tinggi untuk ke seluruh penjuru tanah air. Anies sebagai calon presiden harus bisa menemui pendukungnya di seluruh Indonesia.

"Untuk kebutuhan mobilitas yg tinggi di wilayah seluas itu, jet pribadi adalah pilihan yg sangat make sense. Pesawat komersil tentu bisa jadi pilihan, tapi seperti di awal tadi, itu tidak akan efisien," tutup Willy.

[fik]

Baca juga:
Anies akan Kunjungi Sulsel, NasDem Harap Masyarakat Bisa Mengenal Gagasannya
Anies Naik Jet Pribadi, NasDem: Pemimpin Dunia Pakai Kendaraan Terbaik di Medan Juang
Niniak Mamak Sebut 75 Persen Suara Masyarakat Sumbar untuk Anies di Pilpres 2024
Survei Voxpol: Anies Baswedan Unggul di Kalangan Pemilih Berpendidikan Tinggi
Tak Hanya Anies, Mereka juga Disorot Gara-Gara Jet Pribadi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini