NasDem: Anies Jadi Benang Merah Bersama Demokrat dan PKS

Senin, 3 Oktober 2022 18:13 Reporter : Ahda Bayhaqi
NasDem: Anies Jadi Benang Merah Bersama Demokrat dan PKS NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Ketua DPP NasDem Willy Aditya meyakini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disukai Demokrat dan PKS sebagai calon partai koalisi. Ia mengibaratkan Anies seperti benang merah yang akan menyatukan NasDem, Demokrat dan PKS.

"Tentu ketika membuka itu, Anies lah yang menjadi episentrum, Anies lah yang menjadi benang merah dari ketiga partai ini," ujar Willy di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Willy optimistis koalisi antara NasDem, Demokrat, dan PKS akan segera terbentuk.

2 dari 2 halaman

Sementara, Anies diberikan otoritas penuh oleh NasDem mencari calon wakil presiden adalah upaya untuk memecah kebuntuan koalisi. Cara ini untuk memitigasi partai-partai yang masih memaksa kadernya untuk dicalonkan sebagai calon wakil presiden.

"Bisa menjadi sebuah mitigasi ya," kata Willy.

NasDem juga tidak ingin kawin paksa Anies dipasangkan dengan tokoh yang tidak cocok. NasDem tidak ingin terjadi komplikasi baru.

"Kita ingin melahirkan dwitunggal yang tidak kawin paksa. Jadi tidak melahirkan komplikasi baru, tidak melahirkan sebuah birokratisme baru. Kita bersepakat dalam sebuah musyawarah mufakat, yang kemudian diserahkan kepada capresnya sendiri untuk menentukan siapa yang akan mendampingi beliau," ujar Willy. [lia]

Baca juga:
Ini Karier Politik Anies Baswedan, Capres NasDem di Pilpres 2024
Puji NasDem, Anies Kenang Pilgub 2017: Ada Masa Kita Bersanding, Ada Masa Tak Bersama
Deklarasi Anies Capres, Surya Paloh: Siap-Siap NasDem Dipuji hingga Dicap Pengkhianat
Cerita Pertemuan Surya Paloh-AHY Sebelum Deklarasi Anies Baswedan Capres
Anies Bicara Sosok Cawapres: Intinya Siap Berjalan Bersama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini