Menag Serukan Jaga Kesucian Masjid dari Tabloid Indonesia Barokah & Aktivitas Politik

Jumat, 25 Januari 2019 19:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menag Serukan Jaga Kesucian Masjid dari Tabloid Indonesia Barokah & Aktivitas Politik Tabloid Indonesia Barokah Beredar di Solo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menanggapi serius kemunculan Tabloid Indonesia Barokah yang dikirim ke masjid-masjid. Seharusnya semua orang menjaga kesucian rumah ibadah dan tidak melakukan aktivitas politik.

"Inilah mengapa aktivitas politik itu harus dihindarkan, ketentuan regulasi seperti itu, enggak boleh kampanye atau melakukan aktivitas politik praktis di rumah ibadah," kata Lukman di Istana Wakil Presiden, Merdeka Selatan, Jumat (25/1).

Batas-batas itu penting untuk menjaga kesucian rumah ibadah. Sehingga tidak ada aktivitas politik dan bisa berpotensi membelah jemaah atau umat.

"Oleh karena itu, saya berharap politisi timses apapun betul-betul bisa menjaga kesucian rumah ibadah. Kalau mau menerbitkan buletin seperti itu tidak di rumah ibadah," kata Lukman.

"Silakan menyebarkan buletin-buletin politik di ruang publik dengan mengikuti tata cara yang berlaku," tambah Lukman.

Politisi PPP ini khawatir penyebaran tabloid tersebut akan menimbulkan perpecahan jemaah. Sehingga harus dijaga kesakralan dan kesucian.

"Kita fungsikan rumah ibadah untuk ritual keagamaan," ungkap Lukman.

Dia mengimbau agar pihak yang menerima tabloid Indonesia Barokah tidak terus menerus menyebarluaskan. Kemenag sudah memantau dari pergerakan tabloid tersebut.

"Sebaiknya tak perlu disebarluaskan. Kita sudah beberapa perwakilan kantor kemenag di kabupaten kota sudah terus memantau pergerakan," kata Lukman. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini