KPU Wanti-Wanti Parpol Daftar Lebih Awal, akan Tolak Jika Dokumen Tidak Lengkap

Senin, 8 Agustus 2022 12:57 Reporter : Merdeka
KPU Wanti-Wanti Parpol Daftar Lebih Awal, akan Tolak Jika Dokumen Tidak Lengkap AHY Daftarkan Demokrat Peserta Pemilu 2024. Winda Nelfira/Liputan6.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 mendaftarkan diri lebih awal. Sebab, KPU tidak akan segan-segan menolak pendaftaran parpol jika persyaratan ada yang tak terpenuhi.

Sejauh ini, ada 14 parpol yang sudah mendaftarkan diri per 7 Agustus 2024. Tambahan hari ini sebanyak 4 partai politik akan turut mendaftar.

Komisioner KPU RI Idham Holik menyarankan bagi partai politik yang akan mendaftar peserta Pemilu agar tidak menunda-nunda pendaftaran hingga hari terakhir.

Sebab, dengan begitu proses melengkapi dokumen dapat segera diselesaikan sebelum mencapai tenggat waktu yang ditentukan oleh KPU, yakni 14 Agustus 2022.

"Kalau daftar di akhir dan itu tidak lengkap, maka selesai. Kami akan tolak dan syarat partai politik itu diterima apabila dokumennya lengkap," tegasnya.

Idham menyatakan dari 14 parpol yang telah mendaftar, 10 diantaranya sudah melengkapi dokumen syarat pendaftaran. Masih ada 4 parpol yang hingga saat ini masih dalam proses melengkapi dokumen.

"Informasi sampai dengan tadi pagi mereka sudah terus melengkapi dokumennya karena diberikan kesempatan sampai dengan 14 Agustus 2022 jam 23.59", jelasnya pada Senin (8/8).

Terkait dokumen yang belum lengkap, keterangannya KPU akan terus melakukan pemantauan melalui aplikasi sistem informasi partai politik (SIPOL). Selain itu, KPU juga akan berkomunikasi dengan partai politik untuk segera melengkapi dokumen.

Reporter Magang: Michelle Kurniawan [rhm]

Baca juga:
Prabowo-Cak Imin Kompak Datang ke KPU
Klaim Anis Matta soal Tokoh Pindah ke Partai Gelora
Intip Kesibukan Ruang Verifikasi Administrasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024


Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini