KPU: 13 Partai Sudah Lengkap Berkas SIPOL dan Masuk Tahapan Verifikasi

Selasa, 9 Agustus 2022 14:04 Reporter : Merdeka
KPU: 13 Partai Sudah Lengkap Berkas SIPOL dan Masuk Tahapan Verifikasi Gedung KPU. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memaparkan total 18 partai yang sudah mendaftar ke KPU sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada hari ke-9 pendaftaran. Dari 18 partai, 13 dinyatakan sudah lengkap berkas berkasnya dan bisa melanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi dan faktual.

Lima partai sisanya belum lengkap dan bisa melengkapi hingga masa tenggat pada 14 Agustus 2022.

Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik mengatakan pihaknya masih membuka kesempatan terhadap partai politik untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024. Syaratnya, mereka harus memiliki akun di sistem informasi partai politik (SIPOL) dan mendatangi langsung Kantor KPU RI untuk menyerahkan berkas kepartaiannya.

"Ada 5 yang sudah datang mendaftar tapi belum lengkap. Kami berikan kesempatan kepada partai tersebut sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022 jam 23.59 WIB," kata Idham saat dikonfirmasi, Selasa (9/8).

Idham merinci, kelima partai yang belum lengkap berkas SIPOLnya adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI), Partai Republikku Indonesia.

Kemudian, lanjut Idham, terdapat 13 partai yang sudah dapat diverifikasi oleh KPU secara administrasi dan faktual. Mereka adalah PBB, NasDem, PDIP, PKS, PKP, Perindo, Garuda, Demokrat, Gelora, PKN, PKB, Hanura dan Gerindra.

Usai data dan dokumen dinyatakan lengkap oleh KPU, 13 partai itu akan langsung menjalankan proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Kedua, verifikasi ini adalah hal yang wajib kedua yang dilakukan partai sebelum sah menyandang status peserta Pemilu 2024.

2 dari 2 halaman

Mengutip putusan Mahkamah Konstitusi nomor 55 tahun 2020, ada 3 kategorisasi partai yang harus mengikuti tahapan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024.

Kategori pertama, parpol pemilu peserta 2019 lolos Parlemen Treshold (PT). Kategori kedua parpol pemilu peserta 2019 tidak lolos PT dan kategori ketiga adalah parpol baru.

Kemudian, berdasarkan putusan MK tersebut, terhadap 3 kategori partai memiliki beda perlakuan untuk tata pendaftarannya.

A) untuk parpol kategori pertama, perlakuannya adalah mendaftar dan kemudian dilakukan verifikasi administrasi

B) Sementara untuk kategori kedua dan ketiga, perlakuannya adalah mendaftar, verifikasi administrasi dan yang memenuhi syarat dilanjut verifikasi faktual.

Reporter: M Radityo [ray]

Baca juga:
Data Kader Partai Buruh Tak Muncul di Sipol, Ini Penjelasan KPU
Datangi KPU, Partai Buruh Protes Soal Sistem di Sipol
Bertambah Satu Lagi, Total Ada 40 Partai Masuk Sipol KPU

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini