Ketum Projo: Manuver KIB Cerdas, Bikin Partai Lain Sulit Cari Koalisi

Jumat, 27 Mei 2022 13:41 Reporter : Merdeka
Ketum Projo: Manuver KIB Cerdas, Bikin Partai Lain Sulit Cari Koalisi Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, mendukung langkah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membentuk poros sejak dini sebelum Pemilu 2024. Menurut dia, apa yang dilakukan Partai Golkar bersama PAN dan PPP langkah cerdas.

Sebagai partai yang telah berdiri lama, Budi mengatakan, Golkar punya kehebatan dalam membaca situasi jelang Pemilu 2024.

"Dia sadar betul tadi 2024 siapa nih? Koalisinya dulu, baru capres-cawapres, kan begitu. Dia grouping dulu. Ini sebenarnya koalisi yang dibangun oleh Golkar, PAN, dan PPP ini menurut saya cerdas," kata Budi, dikutip Jumat (27/5).

Budi menyebut, dengan adanya pembentukan koalisi yang dipimpin Golkar tersebut, bakal mencegah benturan hingga ke akar rumput.

"Tapi maksud saya, Golkar ini, dengan PAN dan PPP, di bawah enggak tabrakan. Jadi ini mengunci ada tiga sampai empat partai dengan manuver ini, di luar PDI dan Gerindra, ya NasDem, Demokrat, PKS sudah terkunci." kata dia.

2 dari 2 halaman

Parpol Lain Terkunci

Budi menilai, KIB membuat strategi partai lain di luar poros tersebut kebingungan mencari rekan koalisi nantinya. Oleh sebab itu, langkah KIB dinilai tepat.

"Coba bayangkan manuver ini. Ini kan di tengah nih, ada tiga-empat partai yang tersisa untuk berkoalisi, NasDem, PKB, Demokrat, dan PKS. Nah itu kawinnya bagaimana tuh? Empat partai ini, dia perlu tiga untuk jadi satu tiket. Nah, empat partai ini harus jadi satu untuk dapatkan tiket," ujar dia.

Keempat partai yang disebutkan Budi, tak akan mulus dalam mengunci atau memutuskan berkoalisi.

"Dari sisi ideologi, dari sisi calonnya, pasti ruwet. Selama partai itu ngunci, dia itu jadi sesuatu yang mempersulit koalisi. Menurut saya, (KIB) ini manuver paling cerdas," pungkasnya. [rnd]

Baca juga:
Tertarik Poros PKB, Demokrat Tak Ngotot Usung AHY di 2024
PPP: KIB Tak Ingin Ada Polarisasi di 2024, Harap Ada Tiga atau Empat Pasang Capres
Kata Andika Perkasa soal Dirinya Dijodohkan dengan Ganjar untuk Pilpres 2024
PKB Ingin Pimpin Poros Koalisi Pilpres 2024, Cak Imin Jadi Capres
Saran Demokrat Agar Elektabilitas Anies Terjaga Usai Tak Lagi Jadi Gubernur DKI
Jaga Elektabilitas, Anies Disarankan Tak Ofensif usai Lengser dari Gubernur DKI
Jokowi Minta Projo Tak Buru-Buru Deklarasi Capres, Ngabalin: Belanda Masih Jauh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini