Ketum PAN imbau peserta Pilkada tak halalkan segala cara untuk menang

Selasa, 26 Juni 2018 14:23 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Ketum PAN imbau peserta Pilkada tak halalkan segala cara untuk menang Zulkifli Hasan. ©2018 Merdeka.com/Raynaldo

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengingatkan pasangan calon kepala daerah untuk tidak menggunakan berbagai cara untuk menang di Pilkada Serentak 2018. Sebab, Pilkada merupakan ajang untuk mencari pemimpin terbaik bagi masyarakat.

"Kepada kandidat kita mengimbau agar tidak menghalalkan segala cara, apalagi melakukan money politics, memperlihatkan atau mempengaruhi KPU, mempengaruhi pihak lain membagi beras di masa tenang ini," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/6).

Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak saat berada di tempat pemungutan suara (TPS). Hal ini, kata Zulkifli, rakyat memiliki kekuasaan menentukan pemimpinnya.

"Kita juga imbau rakyat untuk besok sungguh-sungguh menggunakan hak pilihnya. Karena rakyat itu yang akan menentukan apakah pemimpinnya itu terbaik atau tidak karena itu partisipasi besok kita kita minta untuk hadir datang ke TPS gunakan hak pilih sebaik-baiknya," terangnya.

Kepada penyelenggara Pemilu, Zulkifli mengingatkan agar menjalankan tugas dengan jujur dan adil. Pasalnya, kualitas demokrasi di Indonesia akan ditentukan dari penyelenggara Pemilu.

"Demokrasi kita akan baik atau tidak tentu sangat ditentukan oleh penyelenggara. Sehingga kewajiban KPU untuk melaksanakan ini dengan adil jujur mengawal," imbuhnya.

Ketua MPR ini menambahkan, Bawaslu harus menegakkan aturan sesuai hukum yang telah disepakati. PAN meminta Bawaslu tak segan memberikan sanksi tegas bagi para kandidat dan tim yang kedapatan melanggar aturan.

"Bagi yang melanggar aturan sudah cukup keras apalagi membagi uang, money politics, karena itu akan melahirkan pemimpin yang bisa OTT. pemimpin yang korupsi, kita semua sepakat untuk dukung KPK tegakkan korupsi," tegas Zulkifli.

Tak hanya itu, Zulkifli berharap aparat penegak hukum dan aparatur sipil negara menjaga netralitas selama Pilkada berlangsung. "Kepada TNI-Polri itu, aparatur negara. Merah putih bukan milik salah satu partai atau kandidat oleh karena itu kita minta TNI-Polri betul-betul netral," ujarnya.

Seluruh kader PAN baik juga diminta untuk mengawal daerah pemilihannya masing-masing agar Pilkada berjalan aman dan tertib.

"Saya minta pada seluruh kader PAN dari fraksi PAN di DPR untuk bertanggungjawab di dapilnya masing-masing. DPR provinsi juga bertanggungjawab di dapilnya masing-masing, ujar Zulkifli. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini