Ketua DPR: Mari Hadapi Tantangan Ekonomi & Politik 2020 dengan Gotong Royong

Selasa, 31 Desember 2019 12:51 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ketua DPR: Mari Hadapi Tantangan Ekonomi & Politik 2020 dengan Gotong Royong Puan Maharani. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, tahun politik 2019 telah dilewati dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Puan berjanji anggota DPR terpilih akan menjalankan fungsinya dengan baik.

"Pimpinan dan anggota DPR hasil Pileg 2019 akan menjalankan fungsinya secara konstruktif untuk memastikan program-program pemerintahan hasil Pilpres 2019 dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Puan dalam keterangan refleksi akhir tahunnya, Selasa (31/12).

Dia menambahkan, program-program pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi. Berupa penyediaan lapangan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, dan pelayanan publik lainnya agar masyarakat makin merasakan hadirnya keadilan sosial.

"Pemenuhan hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi juga bermanfaat sebagai instrumen pengamanan sosial mengingat tahun 2020 ada tantangan ekonomi akibat dari ketidakpastian global," kata Puan.

Kemudian, lanjut dia, pemenuhan hak-hak dasar warga dan jaminan ketersediaannya sekaligus akan menjadi program kontra siklus untuk mengurangi dampak akibat kontraksi ekonomi global. Puan optimis dengan semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar bangsa ini, segala tantangan di 2020 akan teratasi.

"Tentu saja sikap bergotong royong akan muncul bila dilandasi semangat Persatuan dan Kerukunan Nasional," ucap Puan.

1 dari 1 halaman

Dia menuturkan, persatuan dan kerukunan nasional menjadi fundamental mengingat tahun 2020 akan ada 270 Pilkada Serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, pilkada serentak 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal.

DPR, kata dia, bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu lewat peraturan yang disusun bersama akan memastikan proses pilkada serentak 2020 berlangsung jujur dan adil (Jurdil).

"Mari kita hadapi tantangan ekonomi dan politik tahun 2020 dengan optimistis lewat semangat gotong royong untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini. Saya Puan Maharani, ketua DPR RI, mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020," pungkasnya. [ray]

Baca juga:
Ini Lokasi Parkir untuk Car Free Night saat Malam Tahun Baru di Sudirman-Thamrin
Armada Bus dan Jam Operasional TransJakarta Ditambah Saat Malam Tahun Baru
H-1 Tahun Baru 2020, Harga Cabai Naik Hingga Rp 50.000 per Kg
Warga New York Ramai-Ramai Buang Kenangan Buruk Selama 2019
Hari Terakhir 2019, Harga Daging Ayam dan Telur Meroket

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini