Ketua Dewan Pembina Golkar: Capres dari KIB Diputuskan Bersama

Minggu, 19 Juni 2022 20:55 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ketua Dewan Pembina Golkar: Capres dari KIB Diputuskan Bersama Aburizal Bakrie. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PPP dan PAN tidak harus mengusung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Menurut politikus senior Golkar ini, nama calon presiden perlu diputuskan bersama-sama oleh partai yang tergabung di KIB.

Namun, dari Partai Golkar tetap menjagokan Airlangga. Dukungan ini sesuai dengan hasil Munas Partai Golkar yang menetapkan Ketua Umum Airlangga Hartanto untuk maju menjadi calon presiden 2024.

"Tidak harus (Airlangga menjadi capres), nanti kan diputuskan bersama," ujar Ical di kawasan JCC, Jakarta, Minggu (19/6).

Pergerakan politik Golkar hari ini berperahu di KIB. Menurut Ical, KIB masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lain.

"Kalau ada yang mau gabung dengan KIB lagi kan boleh," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Airlangga Sebut KIB Punya Tiket Usung Capres

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan banyak pihak terkait ke mana arah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Pilpres 2024. Dia menyebut, hal utama dari Golkar, PPP, PAN adalah memiliki tiket untuk mengusung capres.

"Kita lihat banyak yang bertanya ke mana arah dari koalisi kita, ya arahnya ya jelas, arahnya kita bertiga sudah punya tiket," ujar Airlangga saat membuka Rakerda Jawa Barat di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jumat (3/6).

Airlangga lalu merespons soal nama capres yang akan di majukan oleh Koalisi Indonesia Bersatu. Kata dia, nama yang akan diumumkan KIB tidak terburu-buru.

"Jadi mengenai waktu bahasa jawanya ojo kesusu. Jadi kita akan komunikasi dengan Pak Wagub komandannya Jawa Barat," terang Airlangga. [gil]

Baca juga:
PAN Akui Tiga Ketum KIB di Kabinet Jokowi Penting untuk Persiapan Pilpres 2024
Membaca Kode Jokowi untuk KIB
Ketum PAN Jadi Menteri, Jokowi Dinilai Ingin Perkuat KIB Jelang Pemilu 2024
Sinyal Restu Jokowi untuk KIB
Suharso: Dalam Waktu Dekat Ada Partai Gabung KIB
PPP: Reshuffle Menguatkan Posisi KIB, Tiga Ketum Ada di Kabinet
PPP: Presiden Jokowi Mempengaruhi Langkah Politik KIB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini