Jokowi: Sekarang Ini Semuanya Merasa Seperti Politikus

Rabu, 3 April 2019 21:53 Reporter : Supriatin
Jokowi: Sekarang Ini Semuanya Merasa Seperti Politikus Jokowi Tinjau Stadion Papua Bangkit. ©2019 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan kondisi politik nasional terkadang mengakibatkan persaudaraan dan kerukunan di Tanah Air terabaikan. Jokowi juga melihat fenomena baru yang terjadi di lingkungan masyarakat akhir-akhir ini, yakni hampir semua orang tampil seperti politikus.

"Kita kadang-kadang terbawa oleh urusan politik, apalagi sekarang ini semuanya sudah merasa seperti politikus semua," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Isra' Mi'raj Tingkat Kenegaraan di GOR Pandawa, Jalan Cemara Raya, Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (3/4).

Menurut Jokowi, fenomena orang tampil seperti politikus tidak hanya di televisi. Tapi juga di warung kopi hingga warung bakso.

"Semuanya sudah kadang melebihi politikus," ucapnya.

Jokowi mengingatkan, Indonesia merupakan negara besar yang dianugerahi Allah dengan perbedaan suku, agama, bahasa, budaya dan tradisi. Perbedaan ini seharusnya menjadi kekuatan bangsa Indonesia bukan sebaliknya.

"Jangan sampai gara-gara urusan Pilbup, Pilgub, Pilpres, kita tidak rukun. Rugi besar bangsa ini," tegas Jokowi.

Pria kelahiran Solo ini kemudian menceritakan kekaguman istri Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, Rula Ghani terhadap Indonesia. Kekaguman Rula Ghani tak lain karena masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan meskipun memiliki 714 suku. Berbeda dengan Afghanistan yang terpecah belah padahal hanya memiliki tujuh suku.

Rula Ghani juga berpesan agar Jokowi berhati-hati mengelola Indonesia. Jangan sampai perbedaan suku memicu pertikaian seperti yang terjadi di Afghanistan. Jika terjadi pertikaian sekecil apapun, Rula Ghani juga meminta Jokowi segera menyelesaikan dengan baik.

"Ini yang ngomong ibu Rula Ghani, ‘hati-hati negaramu Presiden Jokowi, begitu beragam. Jangan dianggap remeh, mudah, kalau ada konflik sekecil apapun segera cepat selesaikan baik antarsuku, kampung, apalagi yang berkaitan dengan agama," jelas Jokowi. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini