Hasil Lengkap Pertemuan Prabowo dan AHY di Kertanegara

Sabtu, 25 Juni 2022 06:01 Reporter : Dedi Rahmadi
Hasil Lengkap Pertemuan Prabowo dan AHY di Kertanegara Prabowo ketemu AHY. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Demokrat kian gencar silaturahmi ke partai politik lain. Kini giliran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara No.4, Jakarta, Jumat (24/6).

Kedatangan AHY langsung disambut oleh tuan rumah Prabowo Subianto. Saat disapa Prabowo, AHY memberikan salam hormat kepada mantan Danjen Kopassus itu.

Rombongan AHY tiba sebelum pukul 19.00 WIB. AHY ditemani Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendum Renville Antonio, Ketua Dewan Kehormatan Hinca Panjaitan, Wasekjen Agust Jovan Latuconsina, serta Ka Bakomstra Herzaky Mahendra Putra. Sementara dari partai Gerindra, Prabowo ditemani oleh Sekjen Ahmad Muzani, Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad, serta Waketum Sugiono.

Pertemuan keduanya dilakukan sekitar dua jam, hasilnya, belum ada kesepakatan untuk melakukan koalisi antara Gerindra dan Demokrat. Menurut Prabowo, pertemuan awal ini untuk membuka komunikasi dan tak ingin terburu-buru membuat kesepakatan dengan Demokrat. Sebab, waktu sampai pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden juga masih lama.

Prabowo yakin koalisi baru akan terbentuk di menit-menit terakhir mendekati pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. AHY juga sepakat dengan pernyataan Prabowo tersebut.

"Biasanya di Indonesia itu last minute ya," ujar Prabowo.

2 dari 4 halaman

Bahas Isu Global, Ekonomi dan Kebangsaan

AHY mengatakan pertemuannya dengan Prabowo membahas berbagai hal, mulai dari isu-isu global, tantangan ekonomi, hingga isu kebangsaan dan kerakyatan.

"Kami tadi juga saling bertukar pandangan, berdiskusi tentang berbagai hal, dari isu-isu global terkini, hingga tantangan dunia di bidang ekonomi pascapandemi, yang tentunya memiliki dampak-dampak tertentu pada Indonesia. Kami juga berdiskusi tentang isu kebangsaan dan kerakyatan," kata AHY.

Dari pembahasan itu, lanjut dia, Demokrat dan Gerindra berpandangan bahwa Indonesia harus makin maju serta sejahtera. Hal itu dapat diwujudkan melalui kerja-kerja efektif, persahabatan, sinergi, ataupun kolaborasi di antara partai-partai politik.

AHY berharap komunikasi antara Demokrat dan Gerindra dapat makin terjalin intens sehingga mereka mampu memberikan kontribusi bagi Tanah Air.

"Jadi, mudah-mudahan, kami bisa meningkatkan komunikasi dan silaturahmi semacam ini sehingga pada saatnya nanti kami bisa berkontribusi lebih luas lagi untuk Indonesia," ujar AHY.

3 dari 4 halaman

Komunikasi Berlanjut

Menurut Prabowo, Gerindra dan Demokrat memiliki banyak kesamaan.

"Kita pernah kerja sama. Kita punya banyak persamaan ideologis, persamaan visi. Kita sama-sama sangat komitmen sangat berpegang teguh pada Pancasila UUD 1945 NKRI bhinneka tunggal ika," ujar Prabowo.

"Karena itu kita sepakat untuk terus melanjutkan komunikasi ini dengan sebaik-baiknya," tegasnya.

Menurut Prabowo, sebagai pimpinan Gerindra, 1.000 kawan terlalu sedikit. Maka itu Gerindra terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan banyak pihak. Termasuk dengan Demokrat.

"Saya sampaikan prinsip saya sebagai pimpinan Gerindra. Prinsip Gerindra adalah 1000 kawan terlalu sedikit sehingga kita ingin menjalin komunikasi, kita ingin merintis kerjasama dengan sebanyak mungkin pihak sama-sama kita harus bekerja keras untuk mencari solusi-solusi terbaik pada kesulitan yang masih dihadapi bangsa Indonesia," ujar Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus ini berterima kasih atas kedatangan AHY. Ia kembali menegaskan, akan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Demokrat.

4 dari 4 halaman

Prabowo Titip Salam ke SBY

Prabowo juga titip salam kepada SBY. "Saya juga sampaikan tadi salam hormat saya pada bapak SBY sebagai ketua majelis tinggi Partai Demokrat," ujar Prabowo.

Prabowo menuturkan, pertemuan ini juga sebuah reuni. Sebabnya jajaran Gerindra banyak generasi muda. "Kalau diperhatikan banyak generasi muda ini semacam reuni. Banyak rekan-rekan mas Agus ternyata kita kumpul kembali," ujar Prabowo.

Pertemuan AHY dan Prabowo sudah direncanakan sejak lama. Tetapi tidak bisa komunikasi secara fisik karena pandemi Covid-19. Sekarang pertemuan tersebut akhirnya terselenggara.

"Kita merasa bahwa kita sebagai pimpinan parpol punya tanggung jawab untuk menjalin komunikasi yang baik dan karena itu lah saya ucapkan thanks kepada ketum Partai Demokrat, kepada kawan-kawan di Partai Demokrat," ujar Prabowo.

"Kehormatan yang saudara berikan kepada kami dan kami ingin terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan saudara marilah kita sama-sama berbakti pada negara dan rakyat yang kita cintai," ujar Prabowo. [ded]

Baca juga:
Soal Koalisi dengan Demokrat, Prabowo: Kalau Saya Cerita Gak Seru
Prabowo sebut Komunikasi Gerindra dengan Demokrat akan Berlanjut
Pertemuan Prabowo dan AHY Belum Buat Kesepakatan
AHY Bicara Pertemuan dengan Prabowo: Kami Berdiskusi, Banyak Sekali Kesamaan
Pertemuan SBY-JK dan AHY-Paloh Dinilai Sinyal Persiapan Kalahkan PDIP
Tiba di Kertanegara, AHY Beri Salam Hormat ke Prabowo
Golkar: Demokrat Sulit Gabung PDIP atau NasDem, Kalau KIB Pasti Diterima

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini