Gelar Festival Bakar Ikan, Puan Sebut PDIP Hatinya Tetap Bersama Wong Cilik

Sabtu, 25 Juni 2022 16:31 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gelar Festival Bakar Ikan, Puan Sebut PDIP Hatinya Tetap Bersama Wong Cilik Puan Maharani bakar ikan. ©2022 Merdeka.com/ahda bayhaqi

Merdeka.com - PDI Perjuangan menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara di Jakarta Convention Center (JCC) Hall B, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). Ketua DPR RI Puan Maharani hadir ikut bakar ikan bersama para kader PDIP.

Puan mengatakan, meski digelarnya di tempat konvensi besar, tetapi acara bakar ikan tetap digelar di luar. Kata dia, PDIP hatinya tetap wong cilik.

"Ini PDI Perjuangan ini ya kelihatannya aja keren, padahal hatinya itu tetap bersama wong cilik, tetap bersama dengan rakyat," ujarnya.

Acara bakar ikan bersama ini merupakan rangkaian peringatan bulan Bung Karno di Bulan Juni. Salah satu agenda PDIP untuk turun ke lapangan bertemu rakyat. Puan juga turut mengipas dan ikut bakar ikan.

Diharapkan juga dengan adanya bakar ikan untuk menambah semangat menghadapi tahun politik.

"Kenapa sih kegiatan makan sehat ini makan ikan yang protein yang tinggi ini sekarang dibikin oleh PDI Perjuangan ya salah satunya adalah harapan kita sekarang ini kan udah mau menuju tahun politik semuanya itu pasti kerja semuanya itu pasti turun ke bawah mau ketemu rakyat," kata Puan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Festival Bakar Ikan Nusantara menjadi bukti berpolitik menyentuh aspek kehidupan masyarakat. Berorientasi pada masa depan dengan menyediakan makanan bergizi.

"Itu bisa kita temukan di dalam lingkungan kita kekayaan alam kita yang luar biasa," jelas Hasto.

Hasto menjelaskan, gerak langkah PDI Perjuangan dengan festival bakar ikan ini juga bertujuan untuk mewujudkan amanat Bung Karno agar Indonesia berdaulat di bidang pangan.

Karena itulah, lanjut Hasto, seluruh resep Mustika Rasa itu ditampilkan dalam kegiatan ini. Mustika Rasa adalah buku satu-satunya yang pernah dibuat oleh negara berisi resep dan gizi kuliner asli Indonesia.

"Sehingga membangun rasa percaya diri bahwa di tengah ancaman krisis pangan global, Indonesia bisa menunjukkan kepemimpinannya di dalam makanan dan kuliner," ujar Hasto.

2 dari 2 halaman

Ketua panitia Festival Bakar Ikan Nusantara Sadarestuwati menjelaskan kegiatan ini adalah bagian dari peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2022.

"Tentu sudah sewajarnya kita sebagai kader PDIP, sebagai anak ideologis Bung Karno," ungkap Restu.

Ia menjelaskan festival ini merupakan perwujudan dari satu keinginan, agar seluruh masyarakat semakin menyadari bahwa ikan adalah sumber protein tinggi yang dimiliki Indonesia sebagai negara maritim.

"Budaya makan ikan jadi penting. Maka hari ini kita gelar Festival Bakar Ikan di seluruh Indonesia," kata Restu.

"Kurang lebih dari 500 DPC mengikuti kegiatan ini. Kita bakar di sini saja 500 kg ikan, tiap daerah 100 kg yang akan dimakan bersama dengan rakyat," paparnya.

Di acara tersebut, digelar juga bedah buku "Mustika Rasa", dan talk show ikan sebagai sumber protein dengan ahli gizi. Suasana festival ini dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Andre Hehanussa, Rita Zein dan Krisdayanti yang diiringi oleh BKNP Band.

Acara Festival Bakar Ikan Nusantara berlangsung meriah. Ketua Umum Megawati Soekarnoputri hadir di acara pembukaan ajang tersebut melalui virtual. Di lokasi, Hasto Kristiyanto hadir bersama Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP bidang Politik, Puan Maharani. Serta Ketua DPP lainnya seperti Ribka Tjiptaning dan Rokhmin Dahuri. Hadir juga Wasekjen PDIP Sadarestuwati dan Ketua Panitia BBK 2022 Andreas Hugo Pareira. [bal]

Baca juga:
PDIP Protes Anies Baswedan Undang Tukang Bakso ke Balai Kota Jakarta
Sekjen PDIP Tegaskan Tolak Koalisi dengan Demokrat-PKS, Singgung Sejarah dan Ideologi
Puan Maharani Belum Lihat Tanda-Tanda Dirinya Ditunjuk Jadi Capres PDIP
Gelar Festival Bakar Ikan, Puan Sebut PDIP Hatinya Tetap Bersama Wong Cilik
PDIP Tegur Masinton Pasaribu Gara-Gara Bicara soal PKS dan Demokrat
Belum Bertemu Ketum Parpol Lain, Puan: Bukan Berarti PDIP Tak Mau Kerja Sama

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PDIP
  3. Puan Maharani
  4. KILAS
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini