Ganjar dan Prabowo Sowan ke Kiai, PDIP: Contoh Baik untuk Generasi Penerus

Senin, 9 Mei 2022 12:12 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ganjar dan Prabowo Sowan ke Kiai, PDIP: Contoh Baik untuk Generasi Penerus ganjar dan kiai baharuddin. ©2022 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Momen Lebaran tahun 2022 dimanfaatkan oleh para tokoh politik untuk sowan ke sejumlah kiai. Terutama yang namanya masuk dalam radar calon presiden 2024. Di antaranya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Politisi PDIP Hendrawan Supratikno berpendapat, safari Ganjar dan Prabowo ke kiai adalah silaturahmi dalam momen lebaran. Tak perlu ditafsirkan untuk kepentingan politik 2024.

"Sekarang merupakan saat-saat tepat untuk silaturahim berkaitan dengan suasana Idul Fitri. Jadi tidak perlu ditafsirkan macam macam atau terlalu jauh," kata Hendrawan lewat pesan singkat, Senin (9/5).

Anggota DPR ini mendukung kebiasaan silaturahmi dilakukan untuk membangun persatuan. Kata dia, silaturahmi contoh yang baik untuk generasi muda.

"Silaturahim penting untuk membangun kebersamaan dan persatuan anak bangsa. Ini merupakan contoh yang baik untuk generasi penerus," kata Hendrawan.

2 dari 2 halaman

Untuk diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menemui kiai saat momen lebaran 2022. Politisi PDIP itu, sowan ke kediaman Ketua Majelis Ulama (MUI) Sulawesi Selatan sekaligus Rais Syuriah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Makassar, KH Anre Gurutta Haji (AGH) Baharuddin.

Sementara, Ketum Gerindra Prabowo Subianto mulai berkeliling ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, sejak 3 Mei atau sehari setelah Lebaran. Safari dimulai dengan menemui Kiai As'ad, Pimpinan Ponpes Walisongo, di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, di Jember. Dari sana, Prabowo menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya.

Sehari kemudian, Menteri Pertahanan itu bertandang ke Jombang. Prabowo menemui Pimpinan Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin, lalu ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Dari Jawa Timur, Prabowo lalu meluncur ke Jawa Tengah. Di sana, Prabowo sowan ke Pondok Pesantren Al-Anwar Rembang dan disambut KH Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Setelah itu, geser ke Pondok Pesantren Attauhidiyah Giren Talang, Tegal, yang dipimpin KH Ahmad Saidi. Dari Tegal, Prabowo lanjut berkunjung ke kediaman KH Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di Pekalongan. [ray]

Baca juga:
Golkar Yakin Airlangga Diterima Kalangan Nasionalis dan Kelompok Islam
Ganjar Sowan ke Kiai NU di Makassar, Bahas Apa?
Demokrat: Banyak yang Ingin Duetkan AHY dan Anies Baswedan
Pengamat: Airlangga-AHY Pasangan Unik dan Menarik di Pemilu 2024
NasDem Bocorkan Sejumlah Nama Bakal Capres 2024, Ada Anies Hingga Ganjar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini