Fenomena Munculnya Relawan, Demi Menjaga Nama Ganjar Pranowo Tetap Eksis

Kamis, 10 Juni 2021 17:17 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fenomena Munculnya Relawan, Demi Menjaga Nama Ganjar Pranowo Tetap Eksis Tegar Deklarasi Ganjar Pranowo Sebagai Presiden. ©2021 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, fenomena munculnya sejumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai capres adalah upaya agar nama gubernur Jawa Tengah itu tetap eksis. Sebab PDIP memberikan sinyal tidak memberikan tiket kepada Gubernur Jawa Tengah itu.

"Jadi itu manuver relawan agar Ganjar tetap eksis. Ketika ditutup PDIP, nama Ganjar harus tetap eksis, oleh karena itu relawan yang jalan. Relawan yang dorong Ganjar," kata Ujang melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis (10/6).

Dorongan relawan itu dinilai supaya Ganjar bisa mendapatkan tiket dari partai lain. Serta mempertahankan elektabilitas Ganjar hari ini.

"Supaya dilirik partai dan agar elektabilitasnya tetap terjaga karena selalu mendapat pemberitaan," kata Ujang.

Ujang melihat, nasib Ganjar berbeda dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sebelum mendapatkan tiket calon gubernur DKI Jakarta, Ahok didorong oleh relawan Teman Ahok dan akhirnya PDIP memberikan dukungan.

Menurut Ujang, PDIP belajar dari pengalaman sebelumnya, akhirnya Ahok kalah dari pasangan Anies-Sandi dalam putaran kedua Pilgub DKI.

"Kasus Ahok dengan Ganjar beda. Dan PDIP sudah berpengalaman soal itu," kata Ujang.

"Artinya berpengalaman terkait Ahok itu akan dijadikan pelajaran. Didukung lalu kalah," ucapnya.

Sebelumnya, relawan pendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden di 2024 kian membesar. Tegar atau 'Teman Ganjar' mendeklarasikan dukungan kepada politikus PDIP tersebut, Rabu (9/6).

Ketua Umum Tegar, Rinto Wardana mengaku kalau deklarasi ini guna menyiapkan Ganjar sebagai calon presiden 2024-2029. Dengan memakai kaos hitam dengan foto Ganjar bertuliskan TG atau Teman Ganjar ia mendeklarasikan.

Kita mempersiapkan seorang Ganjar Pranowo sebagai pemimpin Indonesia ke depan, khususnya sebagai calon presiden Indonesia periode 2024 hingga 2029," kata Rinto di lokasi, Rabu (9/6).

Sebelumnya ada juga relawan Ganjar bernama 'Dulur Ganjar' yang merupakan eks relawan Jokowi di Pilpres 2019. Ada juga relawan 'Ganjarist' alias Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini