Di Demak, Sandiaga Kembali Janjikan Tidak Akan Impor Saat Panen

Kamis, 31 Januari 2019 13:56 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Di Demak, Sandiaga Kembali Janjikan Tidak Akan Impor Saat Panen Sandiaga di Pasar Bintoro Demak. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Usai senam pagi, Cawapres Sandiaga Uno blusukan ke Pasar Bintoro, Demak, Jawa Tengah, Kamis (31/1). Disambut para pedagang dan pembeli, dia langsung berdialog dengan Samsuri, penjual sayur mayur.

Kepada Sandi, Samsuri mengaku harga cabai merah di pasar tersebut sempat turun dan harga rata-ratanya stabil. Namun, dia menambahkan, nasib pedagang berbeda dengan nasib para petani yang mengeluh karena harga cabai jatuh dan sempat demo hingga membuang hasil panen mereka ke jalan.

"Rantai distribusi harus disederhanakan, terbuka dan transparan. Sehingga tidak terjadi kekecewaan para petani, sebagaimana petani cabai di Demak. Jika saya dan Prabowo diberi amanat untuk melayani masyarakat, petani nanti kita akan berdayakan, dan tidak bergantung obat-obat (pertanian) yang mahal," kata Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini akan mengolah pupuk dengan teknologi canggih. Sehingga pupuk organik untuk petani bisa dikembangkan. Selain itu, dia juga berkomitmen untuk memperbaiki sistem distribusi pupuk kepada petani.

"Sumber daya kita melimpah. Jadi tidak bergantung dengan obat-obat (pertanian) yang mahal," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga akan menstabilkan harga di pasar untuk mensejahterakan petani. Dia menegaskan tidak akan melakukan impor saat musim panen.

"Harga di pasar (Demak) relatif stabil, tapi di tingkat petani anjlok (cabai). Ini yang akan kami benahi. Kita pastikan harga stabil dan pasar tradisional menjadi pusat perekonomian rakyat," janjinya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini