Bertemu Wapres JK, Ormas Islam Harap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu

Senin, 22 April 2019 22:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bertemu Wapres JK, Ormas Islam Harap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu Wapres Jusuf Kalla Silaturahmi dengan Ulama dan Tokoh Ormas Islam Pasca Pemilihan Presiden 2019. ©2019 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar pertemuan khusus dengan sejumlah tokoh umat Islam di kediamannya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (22/4) malam. Pertemuan selama lebih dari 2 jam tersebut berlangsung tertutup di ruang tamu kediaman JK.

Ditemui usai acara, JK menyampaikan pertemuan kali ini merupakan bagian dari silaturahmi antar organisasi masyarakat (Ormas) Islam pasca Pemilahan Umum (Pemilu) serentak 2019. Dalam pertemuan itu, sejumlah tokoh pun sepakat untuk menyelesaikan persoalan pemilu dengan baik.

"Pemilu harus diselesaikan dengan baik dan jujur agar masyarakat tenang. Semua masalah harus kembali ke hukum apapun masalahnya bisa diselesaikan Bawaslu dan MK. Jangan sampai ada berbuat sendiri," kata JK.

Menurut JK, seluruh ormas juga berharap Joko Widodo dengan Prabowo segera bertemu. Pertemuan keduanya diyakini akan meredam situasi yang saat ini memanas.

"Diharapkan tadi makin cepat makin baik apabila pak Jokowi bertemu dengan Pak Prabowo. Penting bahwa kalau di atas sudah bersatu di bawah juga pasti bersatu," harapnya.

Mantan Ketum Partai Golkar ini meminta seluruh masyarakat secara bijak menyikapi hasil pemilihan umum. Baik presiden maupun legislatif. "Semoga masyarakat tertib dengan sabar menunggu hasil keputusan KPU," imbuhnya.

Di tempat sama, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Headar Nasir menyatakan, tokoh ormas Islam memberikan masukan kepada Wapres JK untuk menggelar pertemuan dengan berbagai pihak dalam rangka rekonsiliasi pasca Pemilu 2019. Termasuk dengan para tokoh politik nasional.

"Karena apapun pun penyelenggaraan pemilu dan yang dukung capres ini kan cawapres ini partai dan tokoh tokoh partai perlu bertanggung jawab terhadap keberhasilan pemilu ini dan situasi yang diciptakan proses pemilu ini," ucapnya.

Selain itu, mereka juga mendorong bertemunya dua capres dan cawapres yang bertarung dalam Pilpres kemarin. Termasuk tim sukses dari kedua kubu, baik Jokowi maupun Prabowo. Tujuannya agar bersama-sama menciptakan situasi semakin kondusif demi kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas.

"Selain Pak Jokowi dan Pak Prabowo, juga antar tim sukses, karena kan tim sukses ini juga akan institusi terdekat, jadi bagaimana ada pertemuan antar tim sukses, antar parpol, antar tokoh-tokoh masyarakat," imbuhnya.

Adapan beberapa tokoh Islam yang hadir dalam pertemuan ini adalah Ketua PBNU Said Aqil Siradj, Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Salahudin Wahid, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Sekjen PBNU Helmy Faishal, Cendekiawan Muslim Komarudin Hidayat, dan Ketua Umum DPP Muhammadiyah Nashirul Haq, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin.

Selain itu, hadir pula Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafrudin, Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva, Waketum PP PERSIS Jeje Zainuddin, Ketum PB Al Washliyah Yusnar Yusuf, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Headar Nashir, Mahfud MD, Sekjen MUI Anwar Abbas, Waketum MUI Zainut Tauhi. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini