Anggota Komisi III DPR: Draf RKUHP Sekarang Lebih Membantu

Selasa, 5 Juli 2022 19:27 Reporter : Rahmat Baihaqi
Anggota Komisi III DPR: Draf RKUHP Sekarang Lebih Membantu

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) akan menyerahkan draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) terbaru dalam sidang dengan Komisi III DPR pada Rabu (6/7) besok. Anggota Komisi III Habiburokhman mengatakan, RKUHP yang sekarang akan lebih manfaat dari yang lama.

"Banyak pasal yang saya enggak sepakati. Tapi jauh lebih banyak lagi manfaat yang muncul dengan RKUHP ini," kata Habiburokhman, Selasa, (5/7).

RKUHP yang sekarang menganut konsep 'dualistik' dalam penegakan hukum. Konsep 'dualistik' itu menggabungkan hukum seperti korupsi, narkotika, dan pelanggaran HAM.

2 dari 2 halaman

Habiburokhman mengatakan, penegakan hukum konsep dualistik harus dilakukan secara pidana juga tidak sekedar perbuatannya. Karena hal tersebut merupakan inti dari revolusi hukum.

"Orang itu enggak bisa hanya dihukum hanya gara-gara perbuatannya saja, tapi harus dicek kebenarannya seperti apa," kata Habiburokhman.

Dia mengukapkan, orang—orang banyak terjebak dengan RKUHP lama seperti postingan - postingan di media sosial diduga mengandung unsur ujaran kebencian.

"Ini banyak sekali orang-orang yang dahulu dengan standar KUHP yang lama, bisa kena dengan Undang-Undang ITE, pasal kebencian dan sebagainya hanya karena salah nge-tweet atau posting Facebook," ujar dia.

Dia juga menegaskan, tidak ada lagi kedepannya pasal yang rancu karena sudah mengalami perbaikan yang signifikan.

"Kalau dengan standar dualistik di KUHP ini enggak ada lagi yang seperti itu. Kemudian pasal penyebaran berita bohong yang mengalami perbaikan signifikan. Karena dia (RKUHP) menjadi unsur yang sangat materil, bukan hanya formil," tandasnya. [gil]

Baca juga:
Besok, Pemerintah Laporkan Progres Rancangan KUHP ke DPR
RKUHP Pasal Penghinaan, WamenkumHAM: Tak Akan Dihapus, Dilarang Menghina Bukan Kritik
RKUHP Pasal Penghinaan, Wamenkum HAM: Tak Dihapus, Dilarang Menghina Bukan Kritis
DPR Didesak Buka Draf Terbaru RKUHP, Ini Alasannya
WamenkumHAM Enggan Temui Mahasiswa Demo Depan DPR: Kita Undang, Mereka Enggak Datang
Aksi Demo Mahasiswa Menolak RKUHP di DPR
Wamenkum HAM Ungkap 5 Poin Perbaikan RKHUP, Salah Satunya Masih Banyak Salah Ketik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini