Anggaran Pemilu 2024 Naik 3 Kali Lipat, Untuk Apa Saja?

Selasa, 17 Mei 2022 15:06 Reporter : Ahda Bayhaqi
Anggaran Pemilu 2024 Naik 3 Kali Lipat, Untuk Apa Saja? Simulasi pemungutan suara Pemilu 2024. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Anggaran Pemilu 2024 telah disepakati sebesar Rp76 triliun. Meski ada penurunan dari Rp89 triliun, anggaran pesta demokrasi ini masih terbilang tinggi.

Sekedar informasi, anggaran Pemilu 2019 mencapai Rp25,59 triliun. Sementara Pemilu 2014 anggarannya sebesar Rp 15,62 Triliun.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyebutkan, ada dua alasan kenapa anggaran Pemilu 2024 tinggi. Pertama, adalah penambahan honor kepada petugas pemilu di lapangan dan TPS.

"Peningkatan itu sebagian besar karena pertama karena memang ada penambahan jumlah honor yang nanti yang akan diserahkan kepada petugas di lapangan sampai ke TPS," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/5).

2 dari 3 halaman

Sebelumnya, honor petugas hanya diberikan sebesar Rp500 ribu. Saat ini dianggarkan per orang Rp1,5 juta. Doli sepakat memang perlu ada peningkatan.

"Jadi menurut saya apa yang dilakukan oleh teman-teman penyelenggara khususnya KPU yang masuk akal dan bisa diterima," kata Doli.

Penambahan anggaran juga disebabkan pengadaan kantor sekretariat dan gudang untuk logistik.

3 dari 3 halaman

Namun, KPU dan Bawaslu terbuka bagi pihak yang ingin membantu memberikan kantor untuk digunakan KPU dan Bawaslu. Dananya bisa difokuskan untuk kegiatan yang berkaitan dengan kepemiluan.

"Kita waktu itu merekomendasikan kepada pemerintah kalau misalnya kantor dan sekretariat ada dua jalannya. Pertama ada di daerah-daerah yang asetnya pusat, mungkin itu bisa dihibahkan atau dipinjamkan dan berkaitan dengan Kemenkeu," kata Doli

"Atau memang ada aset-aset pemda yang selama ini idle itu juga bisa dihibahkan, itu bisa dikonsolidasi dari Kemendagri yang meminta kepala daerahnya untuk bisa memberikan itu Jadi soal dana menurut saya clear," pungkas politikus Golkar ini.

[rnd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini