Analisis Burhanuddin Muhtadi: Alasan Anies Kini Kalahkan Prabowo di Survei

Kamis, 1 Desember 2022 14:52 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Analisis Burhanuddin Muhtadi: Alasan Anies Kini Kalahkan Prabowo di Survei anies-sandi menang quick count pilkada dki. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Dalam survei terbaru Indikator Politik, elektabilitas Anies Baswedan berhasil mengalahkan Prabowo Subianto. Hal ini dinilai karena kerja Prabowo yang tak terlihat di publik.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dibanding Ganjar dan Anies, Prabowo memiliki tupoksi paling sedikit bersentuhan langsung dengan publik.

"Beliau (Prabowo) bukan kepala daerah, beliau seorang menteri pertahanan yang sangat fokus pada kinerjanya, kinerjanya juga sangat spesifik kan, lain dengan Anies atau Ganjar yang ruangnya lebih leluasa untuk tampil bersama publik," ujar Burhan dalam rilis surveinya, Kamis (1/12).

survei indikator november 2022
©2022 Merdeka.com/indikator politik

2 dari 3 halaman

Burhanuddin menambahkan, di saat yang sama, Prabowo sudah dipersepsikan oleh publik sebagai figur lama. Ketika tokoh baru seperti Anies muncul maka suara Prabowo menurun.

"Karena basis Pak Prabowo dengan Anies mirip, maka sebagian pendukung Pak Prabowo mulai pindah terutama ke Anies, terutama lagi setelah (Anies) deklarasi," pungkasnya.

Dalam simulasi tiga nama Capres survei Indikator Politik, Ganjar Pranowo mendapat angka 33,9 persen, Anies Baswedan 32,2 persen, dan Prabowo Subianto 23,9 persen.

survei indikator november 2022
©2022 Merdeka.com/indikator politik

Sementara, tidak tahu atau tidak menjawab 10,0 persen. Survei dilakukan pada 30 Oktober - 5 November 2022.

Padahal pada survei September lalu, Anies masih di bawah Prabowo. Ganjar tetap paling tinggi. Anies mendapat 25,7 persen. Prabowo 29,1 persen dan Ganjar 36,2 persen.

3 dari 3 halaman

Tak cuma Indikator Politik

Sebelumnya, Charta Politika juga merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas tokoh kuat sebagai Calon Presiden di Pemilu 2024. Charta menggelar survei periode 4-12 November 2022.

Dalam pertanyaan tertutup, Charta Politika meminta responden untuk memilih tiga tokoh idola sebagai Capres. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, responden memilih Ganjar Pranowo dengan elektabilitas tertinggi yakni 37,4 persen. Disusul Anies Baswedan dengan 29,3 persen. Terakhir, nama Prabowo dengan tingkat keterpilihan 25,3 persen. Sisanya tidak tahu dan tidak menjawab.

Survei dilakukan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Responden survei 1.220 orang. Margin of Error 2,83 persen. [rnd]

Baca juga:
Safari Politik Anies di Aceh Terganjal Izin, NasDem Minta Pemda Tak Hambat Demokrasi
Izin Penggunaan Taman Ratu Safiatuddin Dicabut, Anies Tetap Safari Politik di Aceh
NasDem Ungkap Kegiatan Anies Baswedan Kerap Dihentikan Pemda
Safari Politik Anies Baswedan di Aceh Terhambat Izin
Safari Anies Baswedan di Aceh Terganjal Izin Pemakaian Taman Ratu Safiatuddin
PKS: Masalah Kampung Susun Bayam Antara Warga dengan Pemprov dan Jakpro Bukan Anies
Dishub DKI Cari Operator Baru Lanjutkan Bike Sharing Era Anies yang Terbengkalai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini