Airlangga: Pimpinan DPR MPR Besok Kita akan Putuskan

Senin, 30 September 2019 17:04 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Airlangga: Pimpinan DPR MPR Besok Kita akan Putuskan Airlangga Hartarto di Munas Golkar. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo memutuskan mendukung pencalonan Ketum Airlangga Hartarto di Munas Golkar. Hasil itu muncul setelah keduanya bertemu pada Jumat (27/9) lalu.

Namun, Airlangga tak menjawab tegas apakah islah keduanya sebagai kesepakatan politik. Dimana Bamsoet mendukung Airlangga karena ditawarkan kursi Ketua MPR.

"Lihat besok, tadi Pak Bamsoet statementnya nggak begitu," kata Airlangga ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (30/9).

Menteri Perindustrian tersebut tak mau berbicara siapa kader Golkar yang ditunjuk menjadi pimpinan DPR MPR. Dirinya memutuskan menunggu hingga pelantikan anggota dewan 2019-2024 beserta pimpinan diselenggarakan.

"Pimpinan DPR MPR besok kita akan putuskan, jadi kita tunggu besok," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo Bertemu, Jumat (27/9). Hasilnya, Bamsoet memutuskan mendukung pencalonan Airlangga di Munas Golkar.

Bamsoet menjelaskan, hal ini dilakukan guna menjaga soliditas partai. Terlebih saat ini tengah terjadi berbagai isu di Tanah Air yang butuh perhatian elite politik.

"Untuk sementara ini, saya coolling down dulu. Memutuskan untuk mendukung pencalonan beliau (Airlangga)," jelas Bamsoet kepada merdeka.com, Sabtu (28/9).

Dia tak ingin kegaduhan terjadi di internal Golkar menambah beban Presiden Jokowi. Ditambah, kondisi dan situasi negara yang tengah menghadapi banyak persoalan.

Golkar sebagai partai pemerintah, harus mendukung dan menjaga stabilitas politik Jokowi. Terlebih jelang pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin 20 Oktober nanti.

Bukan cuma itu, Bamsoet juga akhirnya menerima tawaran untuk menjadi Ketua MPR dari Golkar. Hal itu yang ditawarkan oleh Airlangga dalam pertemuan semalam.

"Beliau meminta saya jadi calon ketua MPR," tambah Ketua DPR itu.

Untuk pencalonan di Munas Golkar 2019, Bamsoet sekali lagi menegaskan ingin menjaga soliditas partai.

"Saya cooling down dulu, karena pertarungan pendukung saya dan beliau keras sekali," tutup dia. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini