Warga OKI heboh berburu harta karun peninggalan Sriwijaya

Rabu, 6 September 2017 20:03 Reporter : Irwanto
Warga OKI heboh berburu harta karun peninggalan Sriwijaya Warga OKI berburu harta karun kerajaan sriwijaya. ©2017 merdeka.com/irwanto

Merdeka.com - Tiga tahun terakhir warga Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, disibukkan dengan aktivitas perburuan harta karun yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ratusan warga berlomba-lomba mendapatkan harta karun.

Kasubag Media dan Komunikasi Publik Setda OKI, Adiyanto mengungkapkan, benda diduga harta karun pertama kali ditemukan oleh warga saat bertani di lahan bekas kebakaran di wilayah Sungai Bagan, Kanal 12, Pulau Tengkoran Pulau Pisang dan di beberapa situs di Desa Ulak Kedondong, Cengal pada 2015. Saking banyaknya penemuan, perburuan harta karun menjadi pekerjaan sampingan warga setempat.

"Ya, selama tiga tahun ini warga Cengal lagi heboh mencari harta karun yang disinyalir peninggalan Kerajaan Sriwijaya," ungkap Adi saat dihubungi merdeka.com, Rabu (6/9).

Dia menyebutkan, benda yang ditemukan berbagai jenis. Jumlahnya ratusan. Mulai dari cincin emas, keong emas, keramik China bercorak naga, ayam jantan dan rusa, serta temuan lain yang mayoritas terbuat dari bahan emas.

"Sudah tidak terhitung lagi jumlahnya berapa, ada ratusan karena perburuan sudah tiga tahun lalu sampai sekarang masih berlanjut, malah semakin ramai," ujarnya.

Lokasi perburuan di daerah gambut. Warga harus menggali tanah sedalam satu sampai dua meter. Tanah diayak menyerupai penambangan emas tradisional.

"Saya sendiri sudah datang ke lokasi menyaksikan warga berburu harta karun dan melihat hasilnya. Alhamdulillah warga bersedia menunjukkan penemuannya," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini