Walau ada pawang hujan, tetap berpegang pada BMKG

Sabtu, 20 Februari 2016 12:05 Reporter : Novita Intan Sari
Walau ada pawang hujan, tetap berpegang pada BMKG Pawang hujan. ©2016 Merdeka.com/desi

Merdeka.com - Masyarakat Indonesia masih percaya keampuhan dan kemampuan pawang menghalau hujan deras. Jasa mereka biasa dipakai mulai dari acara hajatan, event atau acara konser musik, bahkan hingga 'pengamanan' proyek infrastruktur baik jalan, jembatan dan galian. Beberapa perusahaan konstruksi seolah 'malu-malu' mengakui mengandalkan jasa pawang hujan.

Kepercayaan ini masih terjaga di tengah modernitas. Namun tetap ada yang berfikir logis dan mengesampingkan kepercayaan yang berkembang di masyarakat. Seperti diceritakan Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Suradi.

Meskipun beberapa perusahaan konstruksi menggunakan jasa pawang hujan, Wijaya Karya justru tak tertarik mengambil strategi itu. Perusahaan pelat merah ini memilih menggunakan data badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berbekal data perkiraan cuaca dari BMKG, kontraktor bisa menentukan perencanaan pengerjaan proyek.

"Kalau kami menggunakan data BMKG, kami terus monitoring. Memang kalau hujan mengurangi waktu kita untuk mengerjakan proyek," ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, Rabu (17/2).

"Data BMKG memang sangat menunjang titik mana yang hujan, dan kami tidak memakai jasa pawang hujan," tambahnya.

Data BMKG menjadi pegangan perusahaan mengantisipasi agar pekerjaan konstruksi tidak sia-sia lantaran diguyur hujan deras. Dia tidak menampik, hujan membuat waktu pengerjaan proyek molor dari jadwal. "Kalau hujan memang tidak terlalu banyak kendala signifikan. Semua bisa teratasi," ungkapnya.

Wijaya Karya ikut mengerjakan proyek Mass Rapid Transit (MRT). Proyek ini ditargetkan rampung 2018. "Proyek MRT sudah on track tidak ada kendala. Sudah sekitar 50 persen. Pembebasan lahan juga sudah beres," ungkapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini