Waketum Gerindra desak KPK segera usut tuntas kasus Century

Senin, 16 April 2018 18:53 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ferry Juliantono. ©2017 merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar segera menjalankan keputusan Pengadilan Negeri (PN). Di mana dalam putusan itu memerintahkan segera menetapkan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono sebagai tersangka dalam kasus Bank Century.

Ferry mengatakan, jika pihak KPK tidak segera menentukan sikap akan muncul konflik baru. "KPK harus segera menindaklanjuti kasus Century," katanya di diskusi dengan tema Skandal Bank Century: Setelah Budiono Tersangka, Siapa Berikutnya? di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4).

Dia meminta masyarakat juga terus mengawal kasus tersebut. Dan pihak KPK diimbau agar segera mengambil keputusan, sehingga kasus tersebut tidak berlarut-larut.

"Makanya semua kita harus mengawasi kasus ini," tegas Ferry.

Diketahui sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa dan menetapkan status tersangka kepada mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century.

Wakil Ketua KPK Laode Syarif mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mempelajari putusan PN Jakarta Selatan. Namun KPK memastikan bakal menindaklanjuti setiap perkara yang sudah memenuhi syarat hukum.

"Putusan praperadilan yang memerintahkan KPK untuk mentersangkakan kembali Pak Boediono itu masih sementara kita pelajari. Tetapi pada intinya adalah bahwa setiap putusan pengadilan maupun hasil penyelidikan dan penyidikan di KPK itu telah memenuhi unsur-unsur, rumusan tipikor, pasti itu akan ditingkatkan atau dilaksanakan," tandas Laode Syarif saat ditemui wartawan usai bicara dalam FGD Pilkada Berintegritas di kampus Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin, Senin, (16/4). [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini