Usman Hamid: 402 Orang Jadi Korban Kekerasan Polisi saat Demo UU Cipta Kerja

Rabu, 2 Desember 2020 15:13 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Usman Hamid: 402 Orang Jadi Korban Kekerasan Polisi saat Demo UU Cipta Kerja Bentrokan massa aksi tolak omnibus law dan polisi. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid membeberkan data tindak kekerasan aparat terhadap demonstran pada aksi penolakan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. Ada 51 video yang didapat Amnesty International terkait kekerasan aparat.

"Ada sekitar 51 video yang kami verifikasi dan setidaknya menggambarkan 43 insiden kekerasan yang secara terpisah dilakukan polisi selama waktu waktu 6 Oktober sampai 10 November 2020," katanya dalam acara laporan bukti kekerasan polisi selama aksi tolak Omnibus Law, Rabu (2/12).

Usman mencatat, alat-alat kekerasan seperti tongkat polisi, potongan bambu, kayu hingga alat kekerasan lainnya digunakan untuk memukul demonstran atau orang yang dianggap terlibat dalam demonstrasi.

“Dari 51 video itu, separuhnya berisi polisi menggunakan alat-alat kekerasan benda tumpul kayu untuk melakukan pemukulan, antara lain terjadi di Bekasi, Jawa Barat, juga ada yang terindentifikasi sebagai mahasiswa dari Universitas Pelita Bangsa secara jelas itu diseret dari kerumunan dan dipukuli oleh sejumlah anggota polisi," bebernya.

Baca Selanjutnya: Seperti Tragedi 1998...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini