Tunggu Hasil Swab, PDP di Sumut Melahirkan

Kamis, 23 April 2020 00:09 Reporter : Yan Muhardiansyah
Tunggu Hasil Swab, PDP di Sumut Melahirkan PDP melahirkan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 melahirkan di RSUD Rantau Prapat, Labuhan Batu, Sumut, Rabu (22/4). Proses persalinan perempuan yang sudah dinyatakan positif berdasarkan rapid test itu berlangsung normal.

Informasi dihimpun, PDP ini merupakan seorang ibu berinisial R (44). Warga Labuhan Batu Selatan ini dirujuk dari rumah sakit swasta dan dirawat di RSUD Rantau Prapat sejak Selasa (21/4). Keluhannya batuk dan sesak napas.

Karena tenaga medis di RSUD Rantau Prapat melihat ada indikasi Covid-19, rapid test dilakukan. Hasilnya positif.

Perawatan dan proses persalinan perempuan ini tetap menggunakan prosedur Covid-19. Tenaga medis dan tenaga kesehatan yang membantunya mengenakan APD langkap.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah membenarkan peristiwa ini. "Ya (benar)," ujar Aris.

Saat ini kondisi ibu dan bayi perempuannya dalam keadaan baik. "Mereka sedang dalam proses perawatan lanjut," sebut Aris.

Dia mengakui rapid test terhadap ibu bayi menunjukkan hasil positif. Namun hasil pemeriksaan swab belum diketahui. "Mudah-mudahan ibunya negatif hasil pemeriksaan swabnya. Begitu juga dengan bayinya," harap Aris.

Sebelumnya, Aris meng-update data Covid-19 di Sumut. PDP saat ini berjumlah 153 orang, sedangkan ODP 2.134 orang.

Pasien yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan PCR berjumlah 93 orang. Sementara yang dinyatakan positif berdasarkan rapid test berjumlah 18 orang. "Jumlah yang meninggal dunia 11 orang, sedangkan pasien sembuh 22 orang," jelas Aris. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini