Tugas dan Gaji Koordinator PKH yang Bikin PDIP Kepincut

Kamis, 6 Agustus 2020 09:59 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Tugas dan Gaji Koordinator PKH yang Bikin PDIP Kepincut Jokowi hadiri sosialisasi bansos PKH. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - PDIP perintahkan kader untuk ikut seleksi menjadi koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) milik Kemensos. Hal ini menuai polemik dan protes berbagai pihak. Sebab, dalam aturan, pendamping maupun koordinator program PKH dilarang dari unsur parpol.

Apa tugas dan fungsi koordinator PKH?

Agus S, salah seorang pendamping PKH di salah satu kelurahan di Jawa Tengah bercerita, dirinya mendampingi 310 keluraga penerima PKH.

Sudah hampir satu dekade Agus mengabdi menjadi pendamping PKH. Bahkan saat ini ia harus merangkap jabatan menjadi Koordinator PKH di tingkat Kecamatan.

Jenjang karir PKH sangat jelas. Agus mengatakan, pada awalnya ia hanyalah seorang pendamping PKH saja, namun saat Kecamatan membutuhkan Koordinator, ia pun dipromosikan menjadi Koordinator Kecamatan (Korcam). Ia tidak pernah menyangka bisa menjadi seseorang yang bisa dibilang, ikut membangun desanya.

"Kalau kita berminat dan ikut promosi atau tes, bisa saja. Saya merangkap jadi Korcam juga. Kalau gaji, sama sih gajinya," kata Agus saat dihubungi merdeka.com, Rabu (5/8).

Sejak tahun 2007, Pemerintah melalui Kemensos meluncurkan bansos dalam program PKH. PKH bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia.

PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Tingkat pendidikan KPM rata-rata rendah. Maka mereka membutuhkan pendamping agar bisa menggunakan uang bantuan tersebut dengan bijak. Harapannya, uang tersebut bisa dijadikan sebagai modal usaha sehingga tingkat ekonomi para KPM bisa meningkat.

Baca Selanjutnya: Honor Pendamping PKH...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini