Tersangka Kasus Amblesnya Jalan Raya Gubeng Berpotensi Bertambah

Kamis, 3 Januari 2019 19:01 Reporter : Moch. Andriansyah
Tersangka Kasus Amblesnya Jalan Raya Gubeng Berpotensi Bertambah Jalan Gubeng di Surabaya. ©2018 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polda Jawa Timur masih memdalami kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan ada beberapa bagian yang berpotensi menjadi tersangka, yaitu bagian perencanaan, pengawasan, dan pelaksana proyek basement Rumah Sakit (RS) Siloam. Proyek basement itu diduga menjadi penyebab insiden amblesnya Jalan Raya Gubeng tanggal 18 Desember 2018 lalu.

"Ketika perencanaan sudah ada, tentunya ada bagian perizinannya, di situ masuk! Masak sih perencanaan satu proyek tidak ada perizinannya? Berarti kan ini proyek bodong? Tentu ada izinnya," tegas Frans, Kamis (3/1).

Barung menandaskan, kalau pihaknya akan terus melakukan pendalaman dan berupaya mempercepat proses penyidikan dan penyelidikan. Termasuk masalah izin proyek. Alasannya, berkaitan dengan fasilitas publik.

"Memang kita mempercepat penyidikan dan penyelidikan itu, yang mana akibat, yang mana telah kita periksa 39 saksi," tegas Barung lagi.

Dari pemeriksaan 39 saksi terdiri dari 37 saksi dari bagian pelaksana dan dua saksi ahli, yaitu ahli jalan serta ahli konstruksi, Polda Jawa Timur telah menetapkan F dari bagian perencana proyek sebagai tersangka dan menetapkan satu tersangka lagi.

"Tetapi belum disebutkan hasil penyelidikan itu siapa inisialnya (tersangka) yang kedua," elak Barung menyebut insial tersangka kedua. "Kalau insialnya mungkin akan disampaikan lebih lanjut lagi oleh Bapak Kapolda (Irjen Pol Luki Hermawan)."

Untuk mempercepat proses penyidikan dan penyelidikan, Kamis hari ini, Polda Jawa Timur kembali menurunkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk menggali data di lapangan.

"Hari ini tim Labfor kita mengambil lagi data yang berhubungan laboratorium forensik yang masih menjadi kekurangan dalam hal kebutuhan penyidikan," tandas Barung. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini