Stok Vaksin Covid Menipis, Bali Dapat Kiriman 5.000 Dosis dari Kemenkes

Selasa, 4 Oktober 2022 21:00 Reporter : Moh. Kadafi
Stok Vaksin Covid Menipis, Bali Dapat Kiriman 5.000 Dosis dari Kemenkes Tenaga kesehatan disuntik vaksin Covid-19 booster kedua. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, mengirimkan 5 ribu dosis vaksin covid-19 ke Pulau Bali. Hal tersebut, dilakukan karena stok vaksin di Pulau Dewata dan DI Yogyakarta menipis disebabkan aktivitas vaksinasi di dua daerah itu mengalami tren peningkatan.

Sementara, 5 ribu vaksin yang dikirim adalah jenis vaksin pfizer. "Bali sudah dikirimi vaksin pfizer oleh Kemenkes sebanyak 5000 dosis, (sudah tiba di Bali)," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom, saat dikonfirmasi Selasa (4/10).

Menurutnya, stok vaksin tersebut khusus booster untuk sementara aman bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi booster. Apalagi, saat ini pencapaian vaksinasi booster sudah mencapai 80.65 persen di Bali.

"Jadi sementara aman untuk pelaksanaan vaksinasi, khususnya booster di Bali," imbuhnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa pengiriman vaksin tersebut langsung diatensi oleh Gubernur Bali, Wayan Koster yang langsung menghubungi Menteri Kesehatan.

"Ini atas atensi Bapak Gubernur yang menghubungi langsung Menteri Kesehatan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Seperti yang diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan persediaan vaksin virus corona (Covid-19) di Bali dan DI Yogyakarta mulai menipis dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi itu, disebabkan karena aktivitas vaksinasi di dua daerah itu mengalami tren peningkatan. Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Dina Sintia Pamela menambahkan temuan vaksin Covid-19 yang mulai menipis dilaporkan terjadi di daerah dengan tingkat pariwisata tinggi serta pusat bisnis.

"Yang kita lihat misalnya di Bali atau Yogyakarta sudah mulai menipis. Di daerah lain kita lihat ada stoknya masih cukup banyak seperti Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur dan beberapa daerah lain," kata Dina dalam konferensi pers, Jumat (30/9). [ded]

Baca juga:
Moderna Tolak Permintaan China Untuk Bocorkan Teknologi Pengembangan Vaksin Covid
Cegah Kenaikan Kasus Covid-19, Dinkes Cilegon Vaksinasi Booster 800 Orang
CEK FAKTA: Tidak Benar Klaim Vaksin Covid-19 Sebabkan Kematian Mendadak
CEK FAKTA: Salah, Vaksin Covid-19 Sebabkan Penyakit Kulit
Delegasi Indonesia Beberkan Capaian Penanganan Covid-19 di Paris

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini