Sempat Divonis Bebas, Selebgram Naura Kembali Dipenjara 2 Tahun

Jumat, 9 Desember 2022 21:44 Reporter : Irwanto
Sempat Divonis Bebas, Selebgram Naura Kembali Dipenjara 2 Tahun Ilustrasi penjara. ©2012 Shutterstock/rook76

Merdeka.com - Setelah sempat divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi Palembang, selebgram asal Palembang, Alnaura Karima Pramesti alias Naura (30) akhirnya diputus bersalah dan dihukum dua tahun penjara. Putusan itu dikeluarkan dalam kasasi yang diajukan Kejaksaan Negeri Palembang.

Putusan kasasi tertuang dalam Nomor 1211/K/Pid/2022 tertanggal 9 November 2022 yang ditandatangani majelis hakim kasasi diketuai Eddy Army. Putusan dilihat dalam laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Palembang.

Majelis hakim kasasi mengabulkan permohonan kasasi dari penuntut umum Kejari Palembang dan membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Palembang Nomor 92/PID/2022/PT PLG.

2 dari 2 halaman

Respons Kubu Pelapor

Kuasa hukum pelapor, Septalia Furwani mengungkapkan, putusan tersebut sudah berkeadilan atas perbuatan terdakwa yang melakukan tindak pidana penipuan investasi bodong berkedok butik. Pihaknya sangat puas meski putusannya hanya dua tahun penjara.

"Kami puas dengan putusan kasasi. Memang terdakwa terbukti melakukan penipuan terhadap para korban," ungkap Septalia, Jumat (9/12).

Pada sidang di Pengadilan Negeri Palembang, terdakwa divonis 2,5 tahun penjara. Lalu terdakwa mengajukan banding dan majelis hakim Pengadilan Tinggi Palembang menjatuhkan vonis bebas karena dinilai bukan ranah pidana.

Tak terima, JPU Kejari Palembang mengajukan kasasi karena dalam fakta persidangan terdakwa terbukti menipu sejumlah orang dengan menawarkan investasi tanam modal untuk menjual baju dan kain miliknya dengan janji keuntungan 9 persen dengan syarat foto kopi KTP dan korban harus menyetor uang minimal Rp10 juta.

Terdakwa juga menjanjikan akan mengembalikan uang modal secara utuh dalam jangka waktu tertentu. Namun pada saat waktu yang ditentukan sudah habis, terdakwa tak kunjung menunaikan janjinya sehingga dilaporkan korban.

Naura ditangkap anggota Polsek Ilir Barat I Palembang tak lama setelah pulang dari Cappadocia Turki, Sabtu (15/1). Para korban berasal dari Palembang, Jawa Timur, dan Lampung. Mereka mengaku mengalami kerugian hingga Rp500 juta. [gil]

Baca juga:
Intip Potret Kompak Keluarga Millen Cyrus Rayakan Ultah Ibunda, Penuh Kehangatan
Kini Beranjak Dewasa, Intip Potret Terbaru Sandrina Mazaya yang Makin Cantik
Disebut Punya Gangguan Mental, Begini Respons Fuji yang Singgung soal Karma
Ternyata Ini Asal Mula Tanboy Kun Sanggup Makan Super Banyak
Kenalan dengan Bernard Wibowo, Sosok Selebgram Batam yang Multitalenta
Sempat Jadi Sorotan karena Nikah Muda, Begini Kondisi Rumah Tangga Sabrina Salsabila

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Selebgram
  3. Penipuan
  4. KILAS
  5. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini