Selektif Informasi, Cara Ampuh Jaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Sabtu, 2 Mei 2020 05:03 Reporter : Merdeka
Selektif Informasi, Cara Ampuh Jaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 ilustrasi bahagia. ©acornfinancialservices.com.au

Merdeka.com - Wabah Covid-19 belum berakhir dari Indonesia. Namun demikian, angka kesembuhan terus meningkat meskipun temuan kasus positif juga bertambah.

Di tengah kondisi seperti itu, tentunya butuh kesehatan jiwa dan raga masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. Sebab kecemasan hanya membuat psikis seseorang terganggu.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) memberikan tips bagaimana masyarakat ikut menjaga kesehatan fisik dan psikisnya selama masa wabah ini.

"Batasi informasi yang berlebihan," kata Psikiater Lahargo Kembaren dalam keterangannya dalam di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat (1/5).

Informasi yang dimaksud, bisa berupaya berita yang tidak dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Mengambil jarak sejenak dari informasi tersebut akan baik bagi kesehatan jiwa kita," katanya.

Andai kata butuh informasi, katanya, pilihlah sumber resmi dan terpercaya.

"Dengan membaca dari sumber yang keliru itu akan membuat kita lebih cemas, lebih khawatir dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa," katanya.

Masyarakat juga perlu mengatasi berbagai kondisi perasaan yang tidak nyaman akibat Covid-19 dengan melakukan hal-hal positif seperti berolahraga, melakukan aktivitas yang produktif, menjalankan hobi, istirahat yang cukup dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak kesehatan.

"Hindarilah merokok, hindari minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman karena itu tidak akan menyelesaikan masalah," ujarnya.

Tetapi bila mulai mengalami stres, perasaan tidak enak, berkonsultasilah kepada profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, perawat jiwa, psikolog, konselor atau dokter.

"Semua itu akan membantu kita untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat," kata dia.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini