SBY: Kota Tak Perlu Lockdown Jika Rakyat Karantina Diri Sendiri

Senin, 23 Maret 2020 13:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
SBY: Kota Tak Perlu Lockdown Jika Rakyat Karantina Diri Sendiri Kongres V Partai Demokrat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai, tak perlu ada karantina wilayah atau lockdown jika masyarakat patuh melakukan karantina diri demi mencegah virus corona. Dia mengajak masyarakat untuk mengikuti instruksi pemerintah supaya membatasi kegiatan dan tidak pergi ke luar rumah alias social distancing.

"Kalau masing-masing lakukan 'lockdown' atau mengkarantina diri sendiri, tak perlu dilakukan 'lockdown' di kota-kota. Penyebaran Covid-19 bisa kita batasi," ujar SBY dilihat dari akun Twitter resminya, Senin (23/3).

SBY menilai, lockdown dapat dilakukan jika memang terpaksa. Kata dia, seperti di negara lain menerapkan lockdown secara terpaksa untuk menyelamatkan jiwa penduduk.

Dia mengajak masyarakat menerapkan social distancing, tak perlu melakukan pertemuan yang menghadirkan banyak orang dan menjaga jarak antar orang sekitar 1,5 sampai 2 meter.

"Ini keadaan darurat. Jangan dianggap mengada-ada," tegasnya.

"Disiplin, kesadaran diri & kepatuhan masyarakat akan selamatkan kita semua. Mari kita bantu pemerintah. Kalau ada rekomendasi sampaikan baik-baik. Saya yakin pemerintah akan perhatikan saran-saran rakyatnya," lanjut SBY.

1 dari 1 halaman

SBY mendukung langkah pemerintah Joko Widodo yang semakin sigap dan membangun kerjasama baik untuk menangani Covid-19. Dia juga menilai pemerintah daerah sudah terlihat memberikan langkah nyata dan serius yang tinggi.

"Dalam perangi virus korona, saat ini pemerintah tunjukkan kesigapan, kecepatan & kerjasama yang makin baik. Pemerintah daerah juga lakukan langkah nyata & keseriusan yang tinggi. Rakyat makin tenang," kata Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.

SBY juga memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan jajarannya untuk menghadapi virus corona. Dia mengingatkan bahwa perjuangan menghadapi corona masih panjang.

"Selamat bertugas Pak Jokowi & pemerintah. Tugas pemerintah berat namun mulia. Perjuangan masih panjang. Badai belum berlalu. Kalau kita bersatu, Indonesia akan selamat & sukses," pungkasnya. [rnd]

Baca juga:
Cegah Penyebaran Corona, Prosesi Paskah Semana Santa di Larantuka Ditiadakan
Tiga Jurus BKPM Jaga Otot Investasi di Tengah Wabah Corona
Suku Dayak di Perbatasan RI-Malaysia Gelar Ritual Khusus Usir Corona
Pertamina Sebut 1 Karyawan di Balikpapan Positif Corona
Mengenal Herd Immunity dan Bisakah Hal Ini Terjadi pada COVID-19
Prabowo Minta Rakyat Rajin Mandi dan Cuci Tangan untuk Cegah Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini