SBY: Kota Tak Perlu Lockdown Jika Rakyat Karantina Diri Sendiri

Senin, 23 Maret 2020 13:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
SBY: Kota Tak Perlu Lockdown Jika Rakyat Karantina Diri Sendiri Kongres V Partai Demokrat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai, tak perlu ada karantina wilayah atau lockdown jika masyarakat patuh melakukan karantina diri demi mencegah virus corona. Dia mengajak masyarakat untuk mengikuti instruksi pemerintah supaya membatasi kegiatan dan tidak pergi ke luar rumah alias social distancing.

"Kalau masing-masing lakukan 'lockdown' atau mengkarantina diri sendiri, tak perlu dilakukan 'lockdown' di kota-kota. Penyebaran Covid-19 bisa kita batasi," ujar SBY dilihat dari akun Twitter resminya, Senin (23/3).

SBY menilai, lockdown dapat dilakukan jika memang terpaksa. Kata dia, seperti di negara lain menerapkan lockdown secara terpaksa untuk menyelamatkan jiwa penduduk.

Dia mengajak masyarakat menerapkan social distancing, tak perlu melakukan pertemuan yang menghadirkan banyak orang dan menjaga jarak antar orang sekitar 1,5 sampai 2 meter.

"Ini keadaan darurat. Jangan dianggap mengada-ada," tegasnya.

"Disiplin, kesadaran diri & kepatuhan masyarakat akan selamatkan kita semua. Mari kita bantu pemerintah. Kalau ada rekomendasi sampaikan baik-baik. Saya yakin pemerintah akan perhatikan saran-saran rakyatnya," lanjut SBY.

Baca Selanjutnya: SBY mendukung langkah pemerintah Joko...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini