Laporan dari Arab Saudi

Satu Hari Jelang Closing Date, 87.718 Jemaah Haji RI Tiba di Tanah Suci

Sabtu, 2 Juli 2022 13:33 Reporter : Lia Harahap
Satu Hari Jelang Closing Date, 87.718 Jemaah Haji RI Tiba di Tanah Suci 87.718 Jemaah Haji RI Tiba di Tanah Suci. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 87.718 jemaah haji Indonesia telah berada di Tanah Suci. Tersisa kurang lebih kurang lima ribu jemaah yang akan tiba di Tanah Suci sebelum waktu pemberangkatan (closing date) terakhir pada 3 Juli besok.

Sementara itu, data hingga 2 Juli 2022, jumlah jemaah wafat mencapai 19 orang. Di mana delapan orang di antaranya meninggal dunia saat masih berada di Madinah.

Saat ini fokus kedatangan jemaah hanya berada di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport, Jeddah. Sementara jemaah yang sebelumnya tiba di Bandara AMMA Madinah, dan menetap di Madinah selama lebih kurang sembilan hari sudah berada seluruhnya berada di Makkah.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 30 Juni lalu. Artinya, pelaksanaan wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah akan bertepatan dengan hari Jumat, 8 Juli 2022. Maka artinya, tahun ini disebut pula sebagai haji akbar karena wukuf di Arafah jatuh di hari Jumat.

Dikarenakan tinggal hitungan hari, jemaah diminta benar-benar menghemat energi untuk aktivitas-aktivitas tidak penting. Jemaah diminta fokus menjaga stamina agar saat pelaksanaan puncak haji berjalan dengan lancar.

Tak lupa, jemaah diwajibkan terus memperbanyak konsumsi air putih, dan beristirahat. Misalnya dengan mulai melaksanakan salat di masjid sekitar hotel. [noe]

Baca juga:
Pengantar Jemaah Calon Haji Membeludak, Rela Menginap di Luar Pagar Asrama Haji
Delegasi Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci, Pastikan Jemaah Haji Dapat Pelayanan Terbaik
Update 1 Juli 2022: Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci Berjumlah 84.889
Cek Kesiapan Armuzna, DPR Minta Semua Fasilitas Segera Rampung H-3 Puncak Haji
Skenario Perlindungan Jemaah saat Puncak Haji di Armuzna
Siapkan 10 Bus, KKHI Terus Data Jemaah yang akan Disafariwukufkan
Beri Pelayanan saat Armuzna, KKHI Kerahkan 782 Tenaga Kesehatan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini