Sang Saka Merah Putih Diturunkan, Rangkaian Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Selesai

Rabu, 17 Agustus 2022 17:36 Reporter : Merdeka
Sang Saka Merah Putih Diturunkan, Rangkaian Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Selesai Tim Pancasila Sakti yang Bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Pancasila Sakti tunai menjalankan tugasnya, menurunkan sang saka Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta. Ayumi Putri Sasaki yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih juga telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan mengembalikan bendera tersebut ke hadapan Presiden Joko Widodo.

"Penurunan Sang Merah Putih telah selesai," lapor Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih Kolonel Pnb Agni Prayogo kepada Presiden Jokowi di Lapangan Istana Merdeka Jakarta, Rabu (18/8/2022).

"Kembali ke tempat," jawab Jokowi.

Saat kembali ke tempat, tepuk tangan riuh dari peserta upacara pun mengalir untuk mereka. Hal ini sebagai apresiasi atas keberhasilan dan tunainya tugas negara dalam momen kemerdekaan ke-77 ini.

2 dari 2 halaman

Diketahui, selain Ayumi, tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara.

Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten. Kemudian, Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo, S.I.K. Dia saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.

Sebagai informasi, Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Sebelumnya pada pagi hari, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Pancasila Tangguh bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022).

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, Dewa Ayu menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tim Pancasila Tangguh berhasil mengibarkan bendera merah putih di Istana. Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan tamu undangan pun memberi tepuk tangan saat bendera merah putih berhasil dikibarkan. [ded]

Baca juga:
Keseruan Anak-Anak Pesisir Ikut Lomba 17 Agustus
Semarak Pawai Rayakan HUT Kemerdekaan RI
Istri Gubernur NTT Ingin Tos Kenegaraan saat Perayaan HUT RI Pakai Tuak Manis
Anak-Anak Pesisir Gelar Upacara HUT RI
Daftar Tim Pancasila Sakti yang Bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih
Upacara HUT RI di Rote Ndao, Mendagri Minta Generasi Muda Rawat Sejarah Kemerdekaan
Kompaknya Prabowo dan Anies Gunakan Busana Betawi saat Upacara di Istana Merdeka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini